Rabu, 02 Juli 2014

Kota Kertasari

Kota Kertasari merupakan salah satu dari 31 kecamatan yang ada di Kabupaten Bandung, Provinsi Jawa Barat. Letak Kertasari di bagian ujung tenggara Kabupaten Bandung, dikelilingi oleh wilayah Kecamatan Pangalengan di sebelah barat dan Kecamatan Pacet di sebelah utara; serta Kabupaten Garut di sebelah timur (Kecamatan Sukaresmi dan Cisurupan) dan di sebelah selatan (Kecamatan Bungbulang dan Pamulihan). Peranan Kawasan Kertasari bagi ekosistem Jawa Barat sangat penting, karena terletak hulu Sungai Citarum yang sepanjang alirannya membentuk Daerah Aliran Sungai (DAS) Citarum.


Luas wilayah Kota Kertasari mencapai 152,07 km2 dan merupakan kecamatan terluas ketiga di Kabupaten Bandung setelah Pasir Jambu dan Pangalengan. Luas Kertasari sekitar 0,91 kali luas Kota Bandung, sebagian besar merupakan area pertanian, perkebunan dan kehutanan. Jumlah penduduk Kota Kertasari tahun 2012 sebanyak 66.995 jiwa per km2, sehingga kepadatan penduduknya 441 jiwa per km2, merupakan kawasan ketiga  terlangka penduduknya di kabupaten Bandung, yaitu  setelah Pasirjambu dan Rancabali.

Kota Kertasari meliputi delapan desa, dengan peringkat penduduk terbanyak berturut-turut Cibeureum (sebagai ibukota kecamatan), Tarumajaya, Sukapura, Cikembang, Cihawuk, Santosa dan Neglawangi.

Batas wilayah Kota Kertasari meliputi sebelah selatan dan timur dengan Kabupaten Garut; sebelah barat dengan Kecamatan Pangalengan, dan sebelah utara dengan Kecamatan Pacet.

Peta:


Data:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar