Rabu, 19 November 2014

Kota Karangpawitan

Oleh : Atep Afia Hidayat - Kota Karangpawitan merupakan salah satu dari 42 kecamatan yang ada di Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat. Luas Kota Karangpawitan 52,07 km2 dengan jumlah penduduk tahun 2013 sebanyak 152.100 jiwa, sehingga kepadatan penduduknya mencapai 2.921 jiwa per km2. Jumlah penduduk Karangpawitan menempati peringkat kedua di Kabupaten Garut, yaitu setelah Kecamatan Garut Kota.


Kota Karangpawitan meliputi empat kelurahan dan 16 desa, dengan kisaran jumlah penduduk antara 2.000 - 11.000 jiwa, dengan peringkat jumlah penduduk paling banyak berturut-turut Lebakjaya, Suci, Sucikaler, Karangpawitan dan Sindanggalih.

Adapun batas wilayah Kota Karangpawitan meliputi sebelah utara dengan Kecamatan Banyuresmi; sebelah timur dengan Kecamatan Wanaraja dan Banyuresmi; sebelah selatan dengan Kabupaten Tasikmalaya; serta sebelah barat dengan Kecamatan Garut Kota. Jika ada wacana pembentukan Kota Otonom Garut, Kecamatan Karangpawitan, Kecamatan Tarogong Kidul, Kecamatan Tarogong Kaler dan Kecamatan Garut Kota dapat dijadikan satu wilayah (Artikel terkait di sini).

Sumber:

http://www.garutkab.go.id/pub/static_menu/detail/sekilas_wiladmin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar