Rabu, 12 November 2014

Kota Sumberasih

Oleh : Atep Afia Hidayat - Kota Sumberasih merupakan salah satu dari 24 kecamatan yang ada di Kabupaten Probolinggo, Provinsi Jawa Timur. Kota Sumberasih wilayahnya berbatasan langsung dengan Kota Probolinggo di sebelah timur; di sebelah selatan dengan Kecamatan Wonokerto; di sebelah barat dengan Kecamatan Tongas; dan di sebelah utara dengan Laut Jawa. Kota Sumberasih juga meliputi sebuah pulau yang terletak di sebelah utara Kota Probolinggo, yaitu Gili Ketapang yang berstatus desa.

Kota Sumberasih memiliki luas wilayah 30,25 km2 dengan jumlah penduduk tahun 2013 sebanyak 61.462 jiwa, sehingga kepadatan penduduknya mencapai 2.032 jiwa per km2, jauh di atas rata-rata tingkat kepadatan penduduk Kabupaten Probolinggo 665 jiwa per km2. Sumberasih merupakan kecamatan yang paling padat penduduknya di Kabupaten Probolinggo.

Kota Sumberasih meliputi 13 desa dengan kisaran jumlah penduduk antara 2.000 - 9.000 jiwa, dengan peringkat jumlah penduduk paling banyak berturut-turut Gili Ketapang, Banjarsari, Pesisir, Muneng dan Pohsangit Leres.

Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar