Sabtu, 15 November 2014

Kota Percut Sei Tuan

Oleh : Atep Afia Hidayat - Kota Percut Sei Tuan merupakan salah satu dari 22 kecamatan yang ada di Kabupaten Deli Serdang, Provinsi Sumatera Utara. Luas wilayahnya 190,79 km2 dengan jumlah penduduk tahun 2013 sebanyak 405.434 jiwa, sehingga kepadatan penduduknya mencapai 2.125 jiwa per km2. Percut Sei Tuan merupakan salah satu kecamatan yang jumlah penduduknya paling banyak di Indonesia.


Percut Sei Tuan meliputi dua kelurahan dan 18 desa dengan kisaran jumlah penduduk antara 1.000 - 51.000 jiwa, dengan peringkat jumlah penduduk paling banyak berturut-turut Tembung, Bandar Khalipah, Bandar Klippa, Sampali dan Sei Rotan. Terdapat sembilan desa/kelurahan dengan jumlah penduduk di atas 20.000 jiwa.

Kalau dilihat dari aspek jumlah penduduk dan luas wilayah, Percut Sei Tuan layak ditingkatkan statusnya menjadi kota otonom, yaitu dengan terlebih dahulu memekarkan wilayahnya menjadi minimal empat kecamatan. Pertimbangan strategis lainnya ialah wilayah Kota Percut Sei Tuan berbatasan langsung dengan Kota Medan, sehingga menjadi wilayah penyangga bagi kota metropolitan tersebut, sebagaimana Kota Depok, Bekasi, Tangerang dan Tangerang Selatan yang menjadi penyangga Kota Jakarta, serta Kota Cimahi yang menjadi penyangga Kota Bandung.

Adapun yang menjadi batas wilayah Kota Percut Sei Tuan ialah sebelah utara dengan Selat Malaka; sebelah barat dengan Kecamatan Hamparan Perak dan Kota Medan; sebelah selatan dengan Kota Medan; serta sebelah timur dengan Kecamatan Tanjung Morawa, Batang Kuis dan Pantai Labu.

Sumber :



Tidak ada komentar:

Posting Komentar