Rabu, 12 November 2014

Kota Leces

Oleh : Atep Afia Hidayat - Kota Leces merupakan salah satu dari 24 kecamatan yang ada di Kabupaten Probolinggo, Provinsi Jawa Timur. Luas wilayah Kota Leces 36,81 km2 dengan jumlah penduduk tahun 2013 sebanyak 56.491 jiwa, sehingga kepadatan penduduknya 1.535 jiwa per km2. Leces merupakan kecamatan dengan tingkat kepadatan penduduk menempati urutan kelima di Kabupaten Probolinggo, yaitu setelah Sumberasih, Kraksaan dan Dringu dan Pajarakan.


Kota Leces meliputi 10 desa dengan kisaran jumlah penduduk antara 2.000 - 12.000 jiwa, dengan peringkat jumlah penduduk paling banyak berturut-turut Sumberkedawung, Jorongan, Tugasan Wetan, Pondokwuluh dan Kerpangan.

Adapun batas wilayah Kota Leces meliputi sebelah barat dengan Kecamatan Bantaran; sebelah selatan dengan Kabupaten Lumajang; sebelah timur dengan Kecamatan Tegal Siwalan; serta sebelah utara dengan Kecamatan Dringu dan Kota Mojokerto.

Di Leces terdapat pabrik kertas tertua kedua  di Indonesia (didirikan tahun 1939) setelah pabrik kertas di Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, saat ini dikelola oleh PT Kertas Leces (BUMN). Pabrik kertas Leces menggunakan kertas daur ulang dan limbah tebu sebagai bahan baku.

Sumber :




Tidak ada komentar:

Posting Komentar