Senin, 17 Juli 2017

Emas Pongkor dan Kota Nanggung

Oleh : Atep Afia Hidayat - Nanggung saat ini masih berstatus kecamatan di bawah pemerintahan Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat. Kenapa dalam web-blog Info Kota Kita ini Nanggung masuk katagori kota ? Hal itu tak lain karena jumlah penduduknya sudah melebihi 20.000 jiwa, bahkan lebih dari 50.000 jiwa. Berdasarkan  klasifikasi kota yang dibedakan secara numerik, bahwa  Kota kecilberpenduduk antara 20.000 s.d. 50.000 orang. 


Jika dikelola dengan profesional Nanggung dapat berubah menjadi derah yang penduduknya makmur dan sejahtera, karena memiliki potensi sumberdaya alam yang luar biasa. Bahkan PT Antam (Unit Bisnis Pertambangan Emas Pongkor) beroperasi di kawasan ini untuk mengeksplorasi cadangan emas (Di kawasan Pongkor, Desa Bantar Karet). Nanggung berbatasan langsung dengan Kecamatan Cibeber, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, di mana salah satu kawasannya yaitu Cikotok sama-sama menyimpan cadangan emas dalam perut buminya. Lantas apakah saat ini Cibeber dan Nanggung sudah menjadi daerah yang kaya-raya ? Perhatikan bunyi Ayat 3 Pasal 33 UUD 1945 tentang pengelolaan sumberdaya alam, bahwa Bumi, air dan kekayaan alam yang terkandung didalamnya dikuasai oleh Negara dan dipergunakan untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat. Dengan demikian 81 ribu penduduk Nanggung dan 56 ribu penduduk Cibeber seharusnya sudah dalam kondisi makmur.


Selain memiliki cadangan emas, Nanggung juga merupakan daerah pertanian dan perkebunan yang subur. Di Desa Malasari, Kecamatan Nanggung beroperasi PTPN VIII Nirmala yang mengelola budidaya dan pengolahan komoditas  teh. Selain itu menurut situs Wikipedia, Nanggung memiliki destinasi wisata seperti Curug Cikaung, Situ Paranje, Taman Bunga Cisangku, Perkebunan Teh, Batu Tulis, Curug Pi'it, dan Taman Nasional Gunung Halimun Salak.

Sumber Data dan Foto :
http://www.tribunnews.com/regional/2015/10/24/nestapa-kehidupan-warga-dekat-tambang-emas-pongkor
https://id.wikipedia.org/wiki/Nanggung,_Bogor
dan beberapa sumber lainnya


Tidak ada komentar:

Posting Komentar