Rabu, 19 Juli 2017

Tambang Emas Desa Cikotok, Cibeber

Cikotok merupakan salah satu dari 22 desa yang ada di Kecamatan Cibeber, Kabupaten Lebak. Cikotok pernah terkenal, bahkan sejak jaman kolonial Belanda (mulai tahun 1936), yaitu dengan dikembangkannya pertambangan emas, yang kemudian mengalami nasionalisasi tahun 1960 (di bawah pengawasan Jawatan Pertambangan RI), selanjutnya diambil alih oleh perusahaan BUMN PT Antam tahun 1968.
Namun tahun 2015 lalu PT Antam mengakhiri kegiatannya di kawasan yang menjadi obyek usahanya yang pertama tersebut. Sepeninggal PT Antam, Cikotok yang sempat ramai dan sibuk menjadi sepi, kembali menjadi desa kecil yang terpencil. Namun penambang perorangan (gurandil) masih tetap menjalankan aktivitas pencarian emasnya.

Letak Desa Cikotok berada di bagian selatan Kecamatan Cibeber, berbatasan dengan Kecamatan Bayah di sebelah selatan; Desa Cibeber di sebelah timur; Desa Warungbanten di sebelah utara; dan Desa Sukamulya di sebelah timur. 

Lantas, bagaimana  rute untuk menuju Desa Cikotok, jika ada yang ingin berkunjung ke sana ? Rute pertama  dari ibukota Propinsi Banten, Serang – Rangkasbitung – Bayah – Cikotok; Rute kedua  dari Kota Sukabumi – Pelabuhan Ratu – Bayah – Cikotok; Rute ketiga dari Kota  Sukabumi – Pelabuhan Ratu – Pasir Kuray – Cikotok. Kondisi jalan relatif mulus walaupun di beberapa bagian terdapat kerusakan seperti jalan bergelombang dan berlubang.




Sumber Data, Peta dan Gambar:
http://www.kompasiana.com/firmasutan/cikotok-riwayatmu-kini_552e56286ea834094c8b45b0
https://goo.gl/maps/jUjnR7b2pXp
https://petatematikindo.files.wordpress.com/2013/12/administrasi-lebak-a1.jpg
http://www.kabarcsr.com/antam-mengakhiri-kegiatan-tambang-emas-di-cikotok/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar