Senin, 31 Juli 2017

Kota Kotamobagu

Sumber : http://www.tv.kotamobagukota.go.id
Kota Kotamobagu merupakan salah satu dari 15 daerah otonom di Provinsi Sulawesi Utara, dibentuk melalui Undang-undang No 4 Tahun 2007 Tentang Pembentukan Kota Kotamobagu di Provinsi Sulaewesi Utara. Dalam UU tersebut dijelaskan luas Kota Kotamobagu 68,09 km2 terbagi menjadi empat kecamatan, yaitu Kotamobagu Timur (15,09 km2); Kotamobagu Selatan (30,05 km2); Kotamobagu Barat (12,58 km2); dan Kotamobagu Utara (10,36 km2). Dengan demikian kecamatan yang paling luas ialah Kotamobagu Selatan mencangkup 44,14 persen dari luas Kota Kotamobagu.


Dari empat kecamatan tersebut terbagi lagi menjadi 18 kelurahan dan 14 desa, meskipun Kotamobagu sudah berstatus perkotaan namun ternyata masih memiliki satuan wilayah berstatus desa. Komposisi jumlah kelurahan-desa setiap kecamatan adalah : Kotamobagu Barat meliputi enam kelurahan, dan tidak ada desa; sebagai catatan Kelurahan Kotamobagu ada di kecamatan ini; Kotamobagu Timur meliputi enam kelurahan dan empat desa; Kotamobagu Utara terdiri dari tiga kelurahan dan lima desa serta Kotamobagu Selatan meliputi tiga kelurahan dan enam desa. Dengan demikian. Dengan demikian wilayah Kotamobagu utara dan selatan masih didominasi pedesaan.

Letak Kota Kotamobagu di tengah-tengah daratan Sulaewesi Utara dengan ketinggian 180 - 310 meter di atas permukaan laut, dengan batas wilayah meliputi sebelah utara dengan Kecamatan Passi Barat, Bilalang dan Passi Timur Kabupaten Bolaang Mongondow; sebelah timur dengan Kecamatan Modayag  Kabupaten Bolaang Mongondow Timur; sebelah selatan dan barat dengan Kecamatan Lolayan Kabupaten Bolaang Mongondow.

Wilayah Kota Kotamobagu paling tidak dilalui sembilan sungai, yaitu Sungai Bonodon, Yoyak, Motoboy Besar, Yantaton, Kopek, Mongkonai, Ongkag Mongondow, Bilalang, Toko dan Kotobongon. Selain itu terdapat lima pegunungan/perbukitan di sekitar Kota Kotamobagu, yaitu Pegunungan Ilongkow, Bunion, Mukorobong, Sibation, Tapa Ayat dan Kodopon.

Adapun jumlah penduduk berdasarkan proyeksi tahun 2015 (BPS Kota Kotamobagu) mencapai  119.427 jiwa (Laki-laki 50,90 persen; Perempuan 49,10 persen), dengan laju pertumbuhan penduduk 2,13 persen per tahun (rata-rata tahun 2010 - 2015).

Peringkat kecamatan untuk indikator jumlah penduduk berturut-turut : Kotamobagu Barat 42.463 jiwa; Kotamobagu Selatan 30.876 jiwa; Kotamobagu Timur 29.017 jiwa; dan Kotamobagu Utara 17.071 jiwa.

Peringkat  persentasi jumlah penduduk untuk setiap kecamatan terdiri dari Kotamobagu Barat 35,56 persen; Kotamobagu Selatan 25,85 persen; Kotamobagu Timur 24,30 persen; dan Kotamobagu Utara 14,29 persen.

Sedangkan peringkat kepadatan penduduk untuk setiap kecamatan terdiri dari Kotamobagu Barat 3.375 jiwa per km2; Kotamobagu Timur 1.923 jiwa per km2; Kotamobagu Utara 1.647 jiwa per km2; dan Kotamobagu Selatan 1.027 jiwa per km2.

Fasilitas pendidikan yang ada di Kota Kotamobagu terdiri dari 69 Sekolah Dasar (SD), lima Madrasah Ibtidaiyah (MI), 14 Sekolah Menengah Pertama (SMP); empat Madrasah Tsanawiyah (MTs); tujuh Sekolah Menengah Atas (SMA); sembilan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK); dua Madrasah Aliyah (MA); satu Sekolah Luar Biasa (SLB); beberapa pondok pesantren seperti Al Khairaat (Mongkonai), Daarul Ulum (Jl. H. Zakaria Imban); dan Hidayatullah (Mongkonai); serta  beberapa perguruan tinggi seperti Universitas Dumoga dan STIE Widya Dharma.

Sedangkan untuk fasilitas kesehatan di Kotamobagu terdapat empat rumah sakit; lima rumah bersalin, lima Puskesmas, dan 43 Posyandu.

Berdasarkan hasil Sensus Penduduk (SP) Tahun 2010, sekitar 84,40 persen penduduk Kota Kotamobagu beragama Islam; 13,95 persen Protestan; dan selebihnya agama lainnya.  Sedangkan data dari Kantor Kementerian Kota Kotamobagu pada tahun 2015 di kota otonom tersebut terdapat 107 masjid, 31 mushola, 48 gereja protestan, satu gereja katolik dan satu pura.

Beberapa jalan utama di Kota Kotamobagu seperti Jalan Trans Sulawesi, Jalan Ratahan, Jalan Adampe Dolot, Jalan Mayjen Sutoyo, Jalan Jhoni Suhodo, Jalan Brigjen Katamso, Jalan Kolonel Sugiono, Jalan A.R. Hakim dan sebagainya. Kotamobagu berjarak sekitar 234 km arah timur dari Gorontalo (ibukota Provinsi Gorontalo), dan 180 km arah barat daya dari Kota Manado. Dari Bandara Sam Ratulangi Manado, Kotamobagu dapat ditempuh dengan menggunakan transportasi publik seperti bus umum, taksi atau mobil rental dengan waktu tempuh sekitar empat jam, yaitu melalui Boulevard, Amurang dan Inobonto.

Sumber :
https://kotamobagukota.bps.go.id/bolakang/pdf_publikasi/Kota-Kotamobagu-Dalam-Angka-2016.pdf
https://id.wikipedia.org/wiki/Kota_Kotamobagu
http://pendis.kemenag.go.id/file/dokumen/pontren-71-72-73-74-75-76.pdf
https://id.wikipedia.org/wiki/Daftar_perguruan_tinggi_swasta_di_Sulawesi_Utara
http://jaraktempuh.com/jarak-kotamobagu-ke-gorontalo.html
http://www.tv.kotamobagukota.go.id/wp-content/uploads/2016/12/kotakotamobagu2.png
https://samratulangi-airport.com/id/transportasi-publik/index

Peta:
https://goo.gl/maps/ZFAQ2Ea2Awr
http://kpu.go.id/dmdocuments/7174_Kota%20Kotamobago.pdf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar