Selasa, 01 Agustus 2017

Airmadidi dan Kota-kota Di Kabupaten Minahasa Utara

Airmadidi - Kauditan - Kalawat - Dimembe - Talawaan

Sumber : https://goo.gl/maps/uG7KP4zp34n
Oleh : Atep Afia Hidayat - Airmadidi merupakan  salah satu dari 10 kecamatan yang ada di Kabupaten Minahasa Utara, Provinsi Sulawesi Utara, sekaligus menjadi ibukota kabupaten tersebut. Luas Kota Airmadidi 86,66 km2 dengan jumlah penduduk tahun 2015 sebanyak 28.512 jiwa, sehingga kepadatan penduduknya 329 jiwa per km2. Adapun batas-batas wilayah Kota Airmadidi meliputi sebelah utara dengan Kecamatan Kalawat dan Demembe; sebelah timur dengan Kecamatan Kauditan; serta sebalah selatan dan barat dengan Kabupaten Minahasa. Kota Airmadidi meliputi enam kelurahan dan tiga desa.


Jika mengacu pada Klasifikasi kota dibedakan secara numerik,  bahwa Kota kecilberpenduduk antara 20.000 s.d. 50.000 orang. Umumnya berstatus ibukota kecamatan, Maka di Kabupaten Minahasa utara, selain Airmadidi terdapat empat kecamatan lainnya yang bisa disebut sebagai kota kecil, yaitu Kauditan (Kauditan Satu), Kalawat (Kolongan), Dimembe dan Talawaan. 

Sumber : http://kpu.go.id
Kota Kauditan memiliki luas wilayah 108,20 km2 dengan jumlah penduduk 24.383 jiwa (2015), sehingga kepadatan penduduknya 225 jiwa per km2. Batas wilayah Kota Kauditan meliputi sebelah utara dengan Kota Bitung; sebelah timur dengan Kota Bitung dan Kecamatan Kema; sebelah selatan dengan Kecamatan Kema dan Kabupaten Minahasa; serta sebelah barat dengan Kecamatan Airmadidi.

Kota Kalawat (Kolongan) memiliki luas wilayah 39,03 km2 dengan jumlah penduduk 30.499 jiwa (tahun 2015), sehingga kepadatan penduduknya 781 jiwa per km2. Kalawat merupakan kawasan paling banyak dan paling padat penduduk di Kabupaten Minahasa Utara. Adapun batas wilayah Kota Kalawat meliputi sebelah utara dengan Kecamatan Talawaan dan Dimembe; sebelah timur dan selatan dengan Kecamatan Airmadidi; serta sebelah barat denganKabupaten Minahasa dan Kota Manado. Kalawat menjadi salah satu penyangga perkembangan Kota Manado di sebelah tenggara.

Kota Dimembe memiliki batas wilayah sebelah utara dengan Kecamatan Likupang Selatan; sebelah timur dengan Kota Bitung; sebelah selatan dengan Kecamatan Airmadidi dan Kalawat; dan sebelah barat dengan Kecamatan Talawaan. Luas Kota Dimembe 166,43 km2 dengan jumlah penduduk 23.729 jiwa (tahun 2015), sehingga kepadatan penduduknya 143 jiwa per km2.

Kota Talawaan memiliki jumlah penduduk 20.493 jiwa (tahun 2015) dengan luas wilayah 82,51 km2, sehingga kepadatan penduduknya 248 jiwa per km2. Adapun batas wilayah Kota Talawaan meliputi sebelah utara dengan Kecamatan Wori, Likupang Barat dan Likupang  Selatan; sebelah timur dengan Kecamatan Dimembe; sebelah selatan dengan Kecamatan Dimembe dan Kalawat; serta sebelah timur dengan Kota Manado dan Kecamatan Wori. Kota Talawaan menjadi kawasan penyangga perkembangan Kota Manado di sebelah timur.

Sumber : https://minutkab.bps.go.id
Lima kecamatan lainnya di Kabupaten Minahasa Utara meliputi Likupang Timur dengan wilayah meliputi daratan Pulau Sulawesi ujung utara dan Pulau Bangka yang ada di seberangnya, dipisahkan oleh Selat Likupang. Di sebelah timur laut Pulau Bangka terdapat Pulau Biaro yang masuk dalam wilayah Kabupaten Sitaro. Sedangkan di sebelah selatan Kecamatan Likupang Timur terdapat Kota Bitung yang berbatasan secara langsung. 

Berikutnya Kecamatan Likupang Selatan yang wilayahnya juga berada di ujung Pulau Sulawesi bagian utara, dan hanya memiliki kawasan pesisir (garis pantai yang tidak panjang). 

Kecamatan Likupang Barat memiliki garis pantai yang panjang, selain meliputi daratan ujung utara Pulau Sulawesi, kecamatan ini pun meliputi Pulau Talise, Pulau Gangga dan Pulau Tamperong. Likupang Barat merupakan kecamatan yang letaknya paling utara di daratan Pulau Sulawesi. 

Kecamatan Wori memiliki wilayah daratan yang berbatasan secara langsung dengan Kota Manado di sebelah selatan. Sedangkan di sebelah selatan pulau-pulau yang masuk wilayah Kecamatan Wori seperti Pulau Naeng Besar, Towade Paniki, Towade Sie dan Mantehage, terdapat pulau-pulau yang masuk wilayah Kota Manado seperti Pulau Mando Tua, Siladen dan Bunaken yang masuk dalam Kawasan Taman laut Nasional Bunaken.

Satu kecamatan lainnya yang terletak di ujung tenggara Kabupaten Minahasa Utara ialah Kema, yang berbatasan dengan Kota Bitung di sebelah utara; Laut Maluku di sebelah timur; Kabupaten Minahasa di sebelah selatan;  dan Kecamatan Kauditan di sebelah timur.

Di Kabupaten Minahasa utara terdapat Gunung Klabat yang kaki-kaki gunungnya meliputi sebagian Kecamatan Kauditan, Airmadidi dan Dimembe; sebagian kaki lagi ada di Kota Bitung. Luas wilayah Kabupaten Minahasa Utara mencapai 1.059,24 km2 dengan jumlah penduduk 198.084 jiwa (tahun 2015), sehingga kepadatan penduduknya 187 jiwa per km2. 

Sumber :

Peta:



Tidak ada komentar:

Posting Komentar