Selasa, 01 Agustus 2017

Kota Negeri Katon

Sumber: https://goo.gl/maps/71HGNTMDXHF2
Negeri Katon merupakan salah satu dari 11 kecamatan yang ada di Kabupaten Pesawaran, Provinsi Lampung. Luas Kota Negeri Katon 152,69 km2 dengan jumlah penduduk 64.707 jiwa (tahun 2015), sehingga kepadatan penduduknya 424 jiwa per km2. Adapun batas wilayah Negeri Katon meliputi sebelah utara dengan Kecamatan Tegineneng; sebelah timur dengan Kabupaten Lampung Selatan (Kecamatan Natar) ; sebelah selatan dengan Kecamatan Gedong Tataan; dan sebelah barat dengan Kabupaten Pringsewu. Letak Kecamatan Negeri Katon tidak jauh dari Bandara Raden Intan II Branti, yang masuk wilayah Kabupaten Lampung Selatan
Kecamatan Negeri Katon meliputi 19 desa yaitu : Purworejo, Keagungan Ratu, Pujo Rahayu, Kalirejo, Tanjung Rejo, Negeri Katon, Nagera Saka, Pejambon, Halangan Ratu, Tresno Maju, Lumbirejo, Roworejo, Sidomulyo, Poncokresno, Trirahayu, Sinar Bandung, Bangun Sari, Karang Rejo dan Negeri Ulangan Jaya. Tampak dari nama-nama tersebut umumnya seperti nama-nama tempat di Jawa Tengah atau Jawa Timur. Hal itu tak heran mengingat sejak tahun 1905 (sekitar 112 tahun yang lalu), Pemerintah Kolonial Belanda telah menerapkan program kolonisasi di sekitar kawasan tersebut (terutama di Gedong Tataan), antara lain dengan mendatangkan kolonis dari Kecamatan Bagelen, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, dan berlangsung dalam lima tahap sampai tahun 1909. Para pendatang tersebut telah berbaur dengan masyarakat asli Suku Lampung  (di wilayah Kabupaten Pesawaran sebagian besar beradat Seibatin, selebihnya beradat Pepadun).

Satuan pendidikan (sekolah) yang ada di Negeri Katon mrliputi 16 TK; 46 SD; 12 SLTP; dua SMU dan tiga SMK. Selain itu terdapat 14 Raudatul Athfal/Bustanul Athfal (RA/BA); empat Madrasah Ibtidaiyah (MI); satu Madrasah Aliyah (MA) dan lima Pondok Pesantren (Ponpes). Untuk fasilitas kesehatan di Negeri Katon terdapat dua Puskesmas; lima Puskesmas Pembantu; empat Klinik/Balai Kesehatan; 70 Posyandu; dan 11 Poskesdes.

Sekitar 94,8 persen penduduk Kecamatan Negeri Katon beragama Islam; 1,8 persen beragama Budha; 1,5 persen Protestan; 1,4 persen Katolik dan 0,5 persen Hindu. Di Kecamatan Negeri Katon terdapat 89 masjid tersebar di seluruh desa yang ada.

Sumber :


Peta :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar