Kamis, 03 Agustus 2017

Statistik Kota Kotabaru

Sumber : https://goo.gl/maps/23xxCtk7u422
Jika diidentikan dengan Kecamatan Pulau Laut Utara, maka Kota Kotabaru memiliki luas wilayah 159,30 km2, lebih luas dari Kota Banjarmasin (98,46 km2), tetapi tidak lebih luas dari Kota Banjarbaru (371 km2).  Adapun batas wilayah Kota Kotabaru meliputi sebelah utara dengan Selat Laut; sebelah timur dengan Kecamatan Pulau Laut Tengah; sebelah selatan dengan Kecamatan Pulau Laut Timur; dan sebelah barat dengan Selat Laut.
Kecamatan Pulau Laut Utara meliputi 21 desa/kelurahan, dengan pusat pemerintahan kecamatan berada di Desa/Kelurahan Dirgahayu. Di Kecamatan Pulau Laut Utara terdapat tiga desa/kelurahan bernama Kotabaru, yaitu Kotabaru Hulu; Kotabaru Tengah; dan Kotabaru Hilir.

Luas wilayah setiap desa di Kecamatan Pulau Laut Utara berkisar antara 0,18 km2 (Sebatung) sampai 28,65 km2 (Megasari); Lima desa/kelurahan yang wilayahnya paling luas di Kecamatan Pulau Laut Utara ialah  Mega Sari, Sebelimbingan, Gunung Ulin, Stagen dan Gunung Sari.

Jumlah penduduk Kecamatan Pulau Laut Utara 80.036 jiwa (tahun 2015), sehingga kepadatan penduduknya 559 jiwa per km2. Sedangkan kisaran jumlah penduduk setiap desa/kelurahan antara 997 jiwa (Kirawan) sampai 15.911 jiwa (Semayap); lima desa/kelurahan dengan jumlah penduduk paling banyak (tahun 2015) berturut-turut Semayap, Dirgahayu, Baharu Utara, Baharu Selatan dan Rampa. Sedangkan kisaran kepadatan penduduk setiap desa/kelurahan antara 37 - 27.483 jiwa per km2; Adapun desa/kelurahan yang tingkat kepadatan penduduknya paling tinggi berturut-turut Rampa, Kotabaru Tengah, Kotabaru Hulu, Hilir Mulia, dan Sebatung.

Informasi mengenai Geografi; Pemerintahan; Kependudukan; Sosial; Pertanian; Industri, Pertambangan dan Energi; Perdagangan; Pariwisata; Transportasi dan Komunikasi; Keuangan Daerah dan Harga dapat dilihat  di sini .

Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar