Kamis, 17 Agustus 2017

Kota Ciemas

Peta Kecamatan Ciemas
 (https://sukabumikab.bps.go.id/)
Ciemas merupakan salah satu kecamatan di Kabupaten Sukabumi, Provinsi Jawa Barat, dengan batas wilayah
sebelah utara dengan Kecamatan Simpenan; sebelah timur dengan Kecamatan Waluran; sebelah selatan dengan Kecamatan Ciracap; serta sebelah barat dengan Samudera Indonesia, Teluk Ciletuh dan Teluk Pelabuhan Ratu.

Ciemas meliputi sembilan desa, empat desa di antaranya memiliki garis pantai atau kawasan pesisir, yaitu Girimukti, Ciwaru, Mandrajaya dan Cibenda. Nama Ciemas makin terangkat ke permukaan setelah Geopark Ciletuh menjadi terkenal. Pada tahun 2015 taman bumi ini diresmikan sebagai salah satu Geopark Nasional, bahkan menjadi destinasi wisata unggulan Jawa Barat yang baru. Di sekitar Geopark Ciletuh yang berada di Kecamatan Ciemas  terdapat sekitar 30 obyek wisata yang sangat menarik, antara lain : Pantai Palangpang, Curug Cimarinjung, Puncak Darma, Curug Sodong Kembar, Curug Cikanteh, Panenjoan, Curug Awang, Batu Batik, Pulau Kunti, Pulau Mandra,  Pulau Mariuk, Pantai Ratu, Pantai Cikadal, dan sebagainya.

Selain meliputi situs geologi, geopark juga merupakan kolaborasi dengan keragaman hayati dan budaya di sekitar kawasan, dengan demikian peran serta masyarakat lokal menjadi sangat penting.

Kecamatan Ciemas memiliki luas wilayah 313,16 km2 dengan jumlah penduduk tahun 2015 sebanyak 51.720 jiwa, sehingga kepadatan penduduknya 165 jiwa per km2. Desa yang paling padat penduduknya berturut-turut Ciwaru (511 jiwa per km2); Tamanjaya (474 jiwa per km2); dan Ciemas (358 jiwa per km2). Sedangkan desa-desa yang paling langka penduduknya ialah Sidamulya (67 jiwa per km2) dan Mandrajaya (98 jiwa per km2).

Dengan adanya obyek wisata berkelas nasional bahkan internasional, maka Kecamatan Ciemas akan mengalami pertumbuhan yang pesat, bahkan akan menjelma menjadi salah satu kota wisata sekelas Lembang (Kabupaten Bandung Barat) atau Kota Batu.


Sumber :
https://sukabumikab.bps.go.id/new/website/pdf_publikasi/Kecamatan-Ciemas-Dalam-Angka-2016.pdf
http://www.klikhotel.com/blog/objek-wisata-di-geopark-ciletuh/
http://ciletuhpalabuhanratugeopark.org/profil-ciletuh-palabuhanratu/

Peta :
https://sukabumikab.bps.go.id/new/website/pdf_publikasi/Kecamatan-Ciemas-Dalam-Angka-2016.pdf
http://kpu.go.id/dmdocuments/3202_sukabumi.pdf
https://goo.gl/maps/DTVgeRBrV812




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.