Kamis, 17 Agustus 2017

Pelabuhan Internasional Patimban, Pusakanagara (Rencana)

Lokasi Rencana Pelabuhan Internasional Patimban
(https://goo.gl/maps/Mu25F6PgYNq)
Salah satu rencana besar pemerintah saat ini ialah membangun Pelabuhan Internasional Patimban, yaitu dimulai awal 2018 dan mulai beroperasi tahun 2019. Untuk proses pembangunannya dibuat perusahaan patungan antara Pemerintah Indonesia dan Jepang. Guna mendukung infrastruktur pelabuhan internasional tersebut, Pemerintah Daerah Jawa Barat pun berencana membangun ruas jalan tol Cipali - Patimban sepanjang 20 km dan merupakan persimpangan (interchange) dari tol Cipali.


Lantas di mana letak Patimban itu ? Nah ini merupakan " bidang keahlian" Info KotaKita. Patimban merupakan salah satu dari tujuh desa yang ada di Kecamatan Pusakanagara, Kabupaten Subang. Patimban merupakan desa yang memiliki garis pantai atau kawasan pesisir yang berada di antara Teluk Ciasem dan Teluk Eretan. Desa Patimban memiliki luas wilayah 20,60 km2 atau sekitar 39,16 persen dari luas Kecamatan Pusakanagara (52,60 km2); jumlah penduduk Desa Patimban 6.584 jiwa (tahun 2016) atau sekitar 16,90 persen dari penduduk Kecamatan Pusakanagara (38.951 jiwa); dengan demikian kepadatan penduduk Desa Patimban 320 jiwa per km2, berada di bawah rata-rata kepadatan penduduk Kecamatan Pusakanagara (741 jiwa per km2).

Keberadaan sebuah pelabuhan internasional tentu akan berdampak secara langsung terhadap kondisi sosial, budaya, ekonomi dan lingkungan wilayah sekitar. Selain Desa Patimban secara khusus, bahkan Kecamatan Pusakanagara secara umum akan menjadi kawasan yang mengalami perkembangan pesat, bahkan ke kecamatan di sekitarnya seperti Legonkulin, Pamanukan dan Pusakajaya.


Sumber :
http://bisnis.liputan6.com/read/2828239/pelabuhan-patimban-ditargetkan-beroperasi-di-2019
http://www.bogor-today.com/segera-dibangun-tol-menuju-pelabuhan-ratu/
https://subangkab.bps.go.id/new/website/pdf_publikasi/Kecamatan-Pusakanagara-Dalam-Angka-2016.pdf



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.