Rabu, 08 Juli 2020

Kota Kedungwaru

Kecamatan Kedungwaru Kab. Tulung Agung
Peta : https://goo.gl/maps/vTQ3eQsRd2KMwPqP8
Data : https://tulungagungkab.bps.go.id/
Penelusuran Kota Ke 983

Tour Kota Kedungwaru (Peta/Satelit)
Klik Di Sini

Kedungwaru merupakan salah satu dari 19 kecamatan yang ada di Kabupaten Tulungagung, Provinsi Jawa Timur. Sebagaimana kecamatan lain di Jawa Timur khususnya dan di Pulau Jawa pada umumnya, Kecamatan Kedungwaru tumbuh dan berkembang menjadi kawasan perkotaan. Bahkan dari segi demografi merupakan kecamatan dengan jumlah penduduk paling banyak di Kabupaten Tulung Agung.


Pada tahun 2019 jumlah penduduk Kecamatan Kedungwaru mencapai 93.984 jiwa atau sekitar 8,40 persen dari penduduk Kabupaten Tulungadung. Jauh lebih banyak dari jumlah penduduk Kecamatan Tulungagung (67.513 jiwa). Luas wilayah Kecamatan Kedungwaru 29,74 km2, merupakan kecamatan dengan luas wilayah paling kecil kedua di Kabupaten Tulungagung, yaitu setelah Kecamatan Tulungagung (13,67 km2). Kepadatan penduduk Kecamatan Kedungwaru mencapai 3.160 jiwa per km2, merupakan kecamatan dengan tingkat kepadatan penduduk peringkat kedua setelah Kecamatan Tulungagung (4.939 jiwa per km).

Adapun batas wilayah Kecamatan Kedungwaru meliputi sebelah utara dengan Kecamatan Karangrejo dan Ngantru; sebelah timur dengan Kecamatan Ngantru dan Sumbergempol; sebelah selatan dengan Kecamatan Sumbergempol, Boyolangu dan Tulungagung; sebelah barat dengan Kecamatan Kauman dan Karangrejo.

Ibukota Kecamatan Kedungwaru berada di Desa Ketanon. Kecamatan Kedungwaru meliputi 19 desa, dengan luas wilayah berkisar antara 0,35 km2 (Desa Winong) sampai 3,09 km2 (Desa Ringinpitu). Lima desa yang paling luas wilayahnya berturut-turut Ringinpitu, Bangoan, Tapan,  Ketanon dan Rejoagung. Adapun kisaran jumlah penduduk antara 1.088 jiwa (Desa Winong) sampai 10.132 jiwa (Ringinpitu). Lima desa dengan jumlah penduduk paling banyak berturut-turut Ringinpitu, Ketanon, Rejoagung, Plosokandang dan Kedungwaru. (Atep Afia Hidayat)

Referensi :
https://www.kemendagri.go.id/files/2019-05/Kode&Data%20Wilayah/35.jatim.fix.pdf
https://jdih.kpu.go.id/data/data_kepkpu/278_Jatim.pdf
https://tulungagungkab.bps.go.id/ (Kabupaten Tulung Agung dalam Angka 2020)
https://tulungagungkab.bps.go.id/ (Kecamatan Kedungwaru dalam Angka 2019).






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.