Senin, 17 Februari 2014

Kota Pangkajene - Pangkep

Kota Pangkajene merupakan ibukota Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep), Provinsi Sulawesi Selatan. Pangkajene merupakan satu dari 13 kecamatan yang ada di Kabupaten Pangkep. Ketigabelas kecamatan itu tersebar di daratan Sulawesi sembilan kecamatan (Pangkajene, Balocci, Bungoro, Labakkang, Ma’rang, Segeri, Minasatene, Tondong Tallasa dan Mandalle). dan di kepulauan empat kecamatan (Liukang Tupabiring, Liukang Tupabiring Utara, Liukang Kalmas, dan Liukang Tangaya).


Luas Kota Pangkajene 50,78 km2 dengan jumlah penduduk pada tahun 2010 sebanyak 41.601 jiwa, sehingga kepadatan penduduk mencapai 819 jiwa per km2. Jumlah penduduk Kecamatan Pankajene masih lebih sedikit dibanding jumlah penduduk Kecamatan Labakkang yang mencapai 43.645 jiwa, merupakan kecamatan berpenduduk paling banyak di Kabupaten Pangkep. Sedangkan kecamatan yang memiliki wilayah paling luas ialah Kecamatan Balocci 147,29 km2.

Kota Pangkajene meliputi sembilan kelurahan, yaitu Sibatua, Bonto Perak, Anrong Appaka, Tekolabbua, Jagong, Tumampua, Paddoang-doangan, Mappasaile dan Pabundukang. Adapun batas wilayah Kota Pangkajene meliputi  sebelah utara  dengan Kecamatan Bungoro; sebelah selatan  dengan Kabupaten Maros; sebelah barat  dengan Kecamatan Liukang Tupabbiring; serta sebelah timur dengan Kecamatan Minasatene. Berikut peta Kota Pangkajene :
View Larger Map


Gambar:
http://loketpeta.pu.go.id/wp-content/uploads/media-peta/peta-infrastruktur/pii-7300/7309_2012-1024x737.gif

Data:
http://sp2010.bps.go.id/files/ebook/7309.pdf
http://www.pangkepkab.go.id/index.php?option=com_content&view=article&id=152&Itemid=65
http://www.pangkepkab.go.id/index.php?option=com_content&view=article&id=48&Itemid=58

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.