Kamis, 15 Mei 2014

Kota Duri

Kota Duri terletak di Kecamatan Mandau, Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau. Merupakan penghasil minyak mentah terbesar di Indonesia, terutama dieksplorasi oleh PT.Chevron Pasific Indonesia yang sebelumnya oleh PT. Caltex Pasifik Indonesia. Duri dikenal sebagai "kota atas minyak bawah minyak", di bawah dihasilkan minyak bumi dan di atas dihasilkan minyak sawit.

Kota Duri dilalui jalan lintas Sumatera, perkembangannya jauh lebih pesat dibanding Kota Bengkalis sebagai ibukota Kabupaten Bengkalis. Dalam hal ini jumlah penduduk Kota Duri lebih dari tiga kali lipat penduduk Kota Bengkalis.

Status jumlah penduduk dan luas wilayah Kota Duri menggunakan data Kecamatan Mandau, yaitu dengan luas wilayah 937,47 km2 (sekitar 1,41 kali luas DKI Jakarta) atau sekitar 12,06 persen dari luas Kabupaten Bengkalis. Kota Duri memiliki jumlah penduduk sebanyak 233.394 jiwa atau sekitar 44,02 persen dari jumlah penduduk Bengkalis.

Batas wilayah Kota Duri meliputi sebelah selatan dengan Kecamatan Pinggir; sebelah barat dengan Kabupaten Rokan Hulu; sebelah utara dengan Kabupaten Rokan Hilir dan Kota Dumai; dan sebelah barat dengan Kecamatan Bukit Batu.

Kota Duri meliputi 15 desa/kelurahan, yaitu  Duri Barat, Buri Timur, Air Jamban, Babussalam, Balai Makam, Balik Alam, Batang Serosa, Bumbung, Gajah Sakti, Harapan Baru, Pematang Pudu, Petani, Sebangar, Sesumbo Ampai dan Talang Mandi.

Peta:

https://maps.google.com/                  
Data :

Artikel:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar