Minggu, 04 Mei 2014

Kota Gerokgak

Kota Gerokgak merupakan salah satu dari sembilan kecamatan di Kabupaten Buleleng, Provinsi Bali. Geroggak terletak di bagian barat laut Pulau Bali, memiliki luas wilayah 356,57 km2 atau sekitar 26,11 persen dari luas Kabupaten Buleleng. Sekitar 173,92 km2 di antaranya merupakan hutan taman nasional. Gerokgak merupakan kecamatan yang paling luas di Kabupaten Buleleng, memiliki pantai sepanjang 76,89 km.

Pada tahun 2012 penduduk Gerokgak mencapai 77.350 jiwa, sehingga kepadatan penduduk sekitar 206 jiwa per km2. Sekitar 77,03 persen penduduk beragama Hindu dan 22,95 persen beragama Islam. Persentasi penduduk beragama Islam merupakan yang paling tinggi dibanding kecamatan lainnya, tak heran jika di Geroggak terdapat 21 pondok pesantren (Ponpes).

Batas-batas wilayah Kota Gerokgak meliputi sebelah barat dengan Selat Bali; sebelah utara dengan Laut Bali; sebelah selatan dengan Kabupaten Jembrana; dan sebelah timur dengan Kecamatan Seririt.

Kecamatan Geroggak meliputi 13 desa/kelurahan, yaitu   Geroggak, Banyupoh, Celukan Bawang, Musi, Patas, Pejarakan, Pemuteran, Pengulon, Penyabangan, Sanggalangit, Sumber Klampok, Sumberkima,  Tinga Tinga dan  Tukad Sumaga.


Peta Lengkap :

Data :
http://bulelengkab.bps.go.id


Tidak ada komentar:

Posting Komentar