Minggu, 04 Mei 2014

Kota Pagerageung

Kota Pagerageung merupakan wilayah yang unik, karena wilayahnya berbatasan langsung dengan empat kabupaten. Pagerageung terletak diujung utara wilayah Kabupaten Tasikmalaya. Di sebelah utara berbatasan dengan empat kabupaten, yaitu Ciamis, Majalengka, Sumedang dan Garut; sebelah barat berbatasan dengan Kecamatan Kadipaten; sebelah selatan dengan Kecamatan Ciawi dan Sukaresik; serta sebelah timur dengan Kabupaten Ciamis.


Pagerageung terkenal dengan keberadaan Pondok Pesantren Surlaya, yang terletak di Desa Tanjungkerta dan didirikan tahun 1905. Ponpres Suryalaya memiliki 24 pondok remaja INABAH  (penyembuhan remaja korban narkoba) di seluruh wilayah Indonesia, dua di antaranya berada di Malaysia dan Singapura.

Luas wilayah Pagerageung 69,47 km2 dengan jumlah penduduk tahun 2011 sebanyak 51.735 jiwa, sehingga kepadatan penduduknya mencapai 745 jiwa per km2.

Pagerageung meliputi 10 desa/kelurahan, yaitu Pagerageung, Cipacing, Guranteng, Nanggewer, Pagersari, Puteran, Sukamaju, Sukapada, Tanjungkerta dan Sukadana.

Peta :
https://maps.google.com/


Tidak ada komentar:

Posting Komentar