Minggu, 14 September 2014

Kota Astanajapura

Kota Astanajapura merupakan salah satu dari 40 kecamatan yang ada di Kabupaten Cirebon, Provinsi Jawa Barat. Wilayah Kota Astanajapura berbatasan dengan Laut Jawa di sebelah utara; dengan Kecamatan Pangenan dan Lemahabang di sebelah timur; dengan Kecamatan Lemahabang di sebelah selatan; serta dengan Kecamatan Greged dan Mundu di sebelah barat. Terdapat dua bagian kecil wilayah Kecamatan Astanajapura yang terletak di tengah wilayah Kecamatan Pangenan (enklave).

Luas Kota Astanajapura 25,47 km2 dengan jumlah penduduk tahun 2013 sebanyak 79.468 jiwa, sehingga kepadatan penduduknya mencapai 3.120 jiwa per km2. Jumlah penduduk Kecamatan Astanajapura menempati peringkat keempat di Kabupaten Cirebon, yaitu setelah Sumber, Gunungjati dan Gegesik.

Kota Astanajapura meliputi 11 desa/kelurahan, dengan kisaran jumlah penduduk antara 4.000 - 9.000 jiwa, dengan peringkat jumlah penduduk paling banyak berturut-turut Munjul, Mertapada Wetan, Japurabakti, Japura Kidul dan Buntet. Di Buntet terdapat salah satu pesantren tertua di Indonesia yang didirikan tahun 1750.

Data dan peta:



Tidak ada komentar:

Posting Komentar