Minggu, 14 September 2014

Kota Losari - Cirebon

Kota Losari berbatasan dengan Kota Losari ? Iya betul, suatu hal yang unik di mana Kota Losari yang ada di Kabupaten Cirebon, Provinsi Jawa Barat berbatasan dengan Kota Losari yang ada di Kabupaten Brebes, Provinsi Jawa Tengah. Perlu diteliti lebih lanjut kenapa dua kecamatan yang berbatasan langsung namun beda kabupaten dan provinsi ini bernama sama. Apakah sebelumnya merupakan satu kesatuan wilayah, atau secara kebetulan saja namanya sama.


Kota Losari merupakan salah satu dari 40 kecamatan yang ada di Kabupaten Cirebon, Provinsi Jawa barat. Luas Kota Losari 39,07 km2 dengan jumlah penduduk 63.266 jiwa (tahun 2013), sehingga kepadatan penduduknya 1.619 jiwa per km2. Kota Losari meliputi 10 desa/kelurahan 3.000 - 7.000 jiwa, dengan peringkat jumlah penduduk paling banyak berturut-turut Kalisari, Ambalu, Kalirahayu, Panggangsari dan Tawangsari.

Batas wilayah Kota Losari meliputi sebelah utara dengan Laut Jawa; sebelah barat dengan Kecamatan Gebang; sebelah selatan dengan Kecamatan Pabedilan; serta sebelah timur dengan Provinsi Jawa Tengah (Kecamatan Losari, Kabupaten Brebes).

Data dan peta :







Tidak ada komentar:

Posting Komentar