Jumat, 19 September 2014

Kota Kotabumi

Kota Kotabumi merupakan salah satu dari 23 kecamatan yang ada di Kabupaten Lampung Utara, sekaligus merupakan ibukota kabupaten. Selain Kecamatan Kotabumi juga terdapat Kecamatan Kotabumi Utara dan Kotabumi Selatan. Kota Kotabumi meliputi wilayah dengan luas 59,11 km2 dengan jumlah penduduk tahun 2013 sebanyak 53.337 jiwa, sehingga kepadatan penduduknya mencapai 902 jiwa per km2. Kota Kotabumi merupakan kawasan terpadat di Kabupaten Lampung Utara.

Kota Kotabumi terletak 105 km arah utara dari Kota Bandar Lampung. Ada wacana pementukan Kotabumi menjadi kota otonom, yaitu dengan menggabungkan Kecamatan Kotabumi, Kotabumi Selatan dan Kotabumi Utara. Ketiga kecamatan tersebut kalau digabungkan akan memiliki luas wilayah 338,52 km2 dengan jumlah penduduk 149.821 jiwa (tahun 2013). Bahkan ada wacana menjadikan Kotabumi sebagai ibukota propinsi jika wilayah Lampung Utara (Kabupaten Lampung Utara, Lampung Barat, Tulang Bawang, Waykanan, Tulang Bawang Barat, dan Kabupaten Mesuji) berhasil menjadi provinsi tersendiri.

Kota Kotabumi meliputi 13 desa/kelurahan dengan kisaran jumlah penduduk antara 1.000 sampai 9.000 jiwa, dengan peringkat jumlah penduduk paling banyak berturut-turut Kotabumi Udik, Sribasuki, Rejosari, Sindangsari dan Kotabumi Ilir.

Adapun batas wilayah Kota Kotabumi meliputi sebelah utara dengan Kecamatan Kotabumi Utara; sebelah timur dengan Kecamatan Abung Timur dan Abung Selatan; sebelah selatan denganKecamatan Abung Selatan, Kotabumi Selatan dan Abung Kunang;  dan sebelah barat dengan Kecamatan Sungkal Jaya.


Data dan peta:




Tidak ada komentar:

Posting Komentar