Minggu, 14 September 2014

Kota Gegesik

Kota Gegesik merupakan salah satu dari 40 kecamatan yang ada di Kabupaten Cirebon. Kalau dilihat dari aspek jumlah penduduk maka Gegesik merupakan kota nomor tiga di Kabupaten Cirebon, yaitu setelah Sumber dan Gunungjati. Jumlah penduduk Kota Gegesik tahun 2013 sebanyak 81.328 jiwa tersebar di 14 desa/kelurahan, dengan kisaran jumlah penduduk setiap desa/kelurahan antara 2.000 - 8.000 jiwa, dengan peringkat penduduk paling banyak Jagapura Kidul, Jagapura Kulon, Jagapura Lor, Jagapura Wetan dan Bayalangu Kidul.


Luas wilayah Kota Gegesik 60,38 km2 merupakan kecamatan dengan wilayah paling luas di Kabupaten Cirebon, atau sekitar 1,6 kali luas Kota Cirebon. Dengan kepadatan penduduk mencapai 1.347 jiwa per km2, jauh di bawah rata-rata kepadatan penduduk Kabupaten Cirebon yang mencapai 2.316 jiwa per km2.

Batas wilayah Kota Gegesik meliputi sebelah utara dengan Kabupaten Indramayu; sebelah timur dengan Kecamatan Kapetakan dan Panguragan; sebelah selatan dengan Kecamatan Arjawinangun; dan sebelah barat dengan Kecamatan Kaliwedi.

Data dan peta :







Tidak ada komentar:

Posting Komentar