Minggu, 28 September 2014

Kota Porong

Nama Kota Porong makin terkenal sejak peristiwa menyemburnya lumpur panas di lokasi pengeboran Lapindo Brantas Inc, yang berlokasi di Dusun Balongnongo, Desa Renokenongo (selengkapnya lihat http://id.wikipedia.org/).  Luapan Lumpur Lapindo menggenangi beberapa desa di Kecamatan Porong dan Tanggulangin. Lihat peta perkembangan luapan Lumpur Lapindo 2005 - 2013 (http://korbanlumpur.info/maps/). Kota Porong merupakan salah satu dari 28 kecamatan di Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur.

Kota Porong memiliki dua bagian wilayah yang terpisah (enklave), bagian barat berukuran lebih besar dengan batas wilayah sebelah barat dengan Kecamatan Krembung; sebelah selatan dengan Kabupaten Pasuruan dan Kecamatan Jabon; sebelah timur dengan Kecamatan Jabon; serta sebelah utara dengan Kecamatan Tanggulangin dan Tulangan. Sedangkan di bagian timur berukuran lebih kecil dengan batas wilayah sebelah barat dan selatan dengan Kecamatan Jabon; sebelah timur dengan Kecamatan Candi dan Sidoarjo; dam sebelah utara dengan Kecamatan Tanggulangin.

Pada tahun 2013 Kota Porong berpenduduk sebanyak 89.395 jiwa tersebar di 13 desa dan enam kelurahan, dengan kisaran jumlah penduduk antara 2.000 - 6.000 jiwa, dengan peringkat jumlah penduduk paling banyak berturut-turut Gedang, Kebonagung, Porong, Lajuk dan Juwet Kenongo.


Peta dan data:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar