Rabu, 06 Mei 2015

Sekilas Kota Donggala

Kota Donggala merupakan salah satu kota tertua di Provinsi Sulawesi Tengah, sudah dikenal sejak abad ke 15 ketika menjadi pusat Kerajaan Donggala (Banawa). Lihat sejarah Kerajaan Donggala. Kota Donggala saat ini meluputi sembilan kelurahan dan enam desa, dengan jumlah penduduk sekitar 33 ribu jiwa dan menempati wilayah hampir seluas 100 km2. Kota Donggala belum berstatus otonom masih menempati wilayah administratif Kecamatan Banawa.


Kota Donggala diwacanakan menjadi kota otonom sebagaimana Kota Poso, sedangkan ibukota Kabupaten Donggala akan dipindahkan ke wilayah pantai barat, namun wacana tersebut belum masuk ke tingkat provinsi apalagi tingkat nasional. Kota Donggala terus mengalami perkembangan, antara lain ditopang oleh keindahan pantai yang masuk perairan Teluk Palu di sebelah timur dan Selat Makassar di sebelah utara. Foto-foto keindahan pantai dapat dilihat  di sini.

Kota Donggala memiliki posisi strategis terletak di antara Jalan Trans Sulawesi dan Trans Palu - Donggala. Selain itu Kota Donggala memiliki Pelabuhan Donggala yang pernah menjadi pelabuhan paling besar di Sulawesi Tengah, yang kemudian tergeser oleh Pelebuhan Pantoloan di Kecamatan Tawaeli (Kabupaten Donggala). Kota Donggala diidentikan dengan pelabuhan lautnya, kota yang berjarak 40 km sebelah barat Kota Palu atau perjalanan darat sekitar satu jam tersebut, pernah menjadi pusat pemerintahan kolonial Belanda abad ke 18.

Dari berbagai sumber
Gambar:
https://www.google.co.id/maps/@-0.6683642,119.7432827,947m/data=!3m1!1e3

Tidak ada komentar:

Posting Komentar