Sabtu, 09 Mei 2015

Kota Ngunut

Oleh : Atep Afia Hidayat - Kota Ngunut merupakan salah satu dari 19 kecamatan yang ada di Kabupaten Tulungagung, Provinsi Jawa Timur. Luas wilayah Kota Ngunut 37,70 km2 dengan jumlah penduduk tahun 2013 sebanyak 79.134 jiwa, sehingga kepadatan penduduknya mencapai 2.099 jiwa per km2. Kota Ngunut merupakan kawasan terpadat ketiga di Kabupaten Tulungagung, yaitu setelah Kecamatan Tulungagung dan Kedungwaru. Sedangkan jumlah penduduk Kota Ngunut merupakan yang terbanyak kedua di Kabupaten Tulungagung, yaitu setelah Kecamatan Kedungwaru.


Adapun batas wilayah Kota Ngunut sebelah utara dengan Kecamatan Sumbergempol, Kecamatan Ngantru dan Kabupaten Blitar; sebelah timur dengan Kecamatan Rejotangan; sebelah selatan dengan Kecamatan Kalidawir; dan sebelah barat dengan Kecamatan Sumbergempol.

Kota Ngunut meliputi 18 desa dengan kisaran jumlah penduduk antara 1.700 - 17.100 jiwa, dengan peringkat jumlah penduduk paling banyak berturut-turut Ngunut, Pulosari, Gilang,  Kaliwungu dan Sumberejo Kulon. Sekitar 21,61 persen penduduk Kota Ngunut bermukim di Desa Ngunut. Dapat dikatakan Desa Ngunut merupakan salah satu desa dengan jumlah penduduk paling banyak di Provinsi Jawa Timur.

Sumber :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar