Selasa, 12 Mei 2015

Tanjung Priuk - Kota Jakarta Utara

Oleh : Atep Afia Hidayat - Tanjung Priuk merupakan salah satu dari enam kecamatan di Kota Administrasi Jakarta Utara, Provinsi DKI Jakarta. Tanjung Priuk memiliki luas wilayah 22,52 km2 dengan jumlah penduduk tahun 2013 sebanyak 391.881 jiwa, sehingga kepadatan penduduknya mencapai 17.403 jiwa per km2.


Adapun batas wilayah Kecamatan Tanjung Priuk meliputi sebelah timur dengan Kecamatan Koja dan Kelapa Gading; sebelah selatan dengan Kecamatan Kemayoran; sebelah barat dengan Kecamatan Pademangan; serta sebelah utara dengan Kecamatan Pademangan dan Teluk Jakarta.

Beradasarkan situs  Kota Jakarta Utara, Kecamatan Tanjung Priok merupakan salah satu gerbang masuk ke DKI Jakarta, yaitu dengan adanya Pelabuhan Tanjung Priuk; Tanjung Priuk memiliki     Danau Sunter sebagai tempat hiburan, pariwisata air, olah raga air; Terdapat      Stasiun Kereta Api Tanjung Priuk yang bernilai historis; Tanjung Priuk merupakan kawasan     Industri perakitan dan jasa pergudangan.

Tanjung Priuk meliputi tujuh kelurahan dengan kisaran jumlah penduduk antara 30.000 - 84.000 jiwa, dengan peringkat penduduk paling banyak berturut-turut Sunter Agung, Sunter Jaya, Kebon Bawang, Warakas, Papango, Tanjung Priuk dan Sungai Bambu.

Sumber :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar