Sabtu, 16 Mei 2015

Kota Tanjungsari - Kab Bogor

Oleh : Atep Afia Hidayat - Kota Tanjungsari merupakan salah satu dari 40 kecamatan yang ada di Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat. Luas Kota Tanjungsari 129,99 km2, merupakan kecamatan terluas keempat setelah Jasinga, Cigudeg dan Nanggung. Tahun 2013 penduduk Kota Tanjungsari sebanyak 54.525 jiwa, atau merupakan kawasan dengan jumlah penduduk paling sedikit kedua setelah Kecamatan Cariu. Kepadatan penduduk Kota Tanjungsari 419 jiwa per km2, merupakan kawasan paling langka penduduk di Kabupaten Bogor, bandingkan dengan Kecamatan Ciomas yang mencapai 9.970 jiwa per km2.

Adapun batas wilayah Kota Tanjungsari meliputi sebelah barat dengan Kecamatan Sukamakmur; sebelah selatan dengan Kabupaten Cianjur; sebelah timur dengan Kabupaten Cianjur, Kabupaten Purwakarta dan Kabupaten Karawang; dan sebelah utara dengan Kecamatan Cariu.

Kota Tanjungsari meliputi 10 desa dengan kisaran jumlah penduduk antara 3.000 - 8.000 jiwa, dengan peringkat jumlah penduduk paling banyak berturut-turut Selawangi, Tanjungsari, Tanjungrasa, Sirnarasa dan Antajaya.

Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar