Sabtu, 31 Agustus 2013

Sejarah Kota Sorong

Sumber : www.sorongkota.go.id

Nama Sorong berasal dari kata SOREN dalam bahasa Biak Numfor yang berarti laut yang terdalam dan bergelombang, kata Soren digunakan pertama kali oleh suku Biak Numfor yang berlayar pada zaman dahulu dengan perahu-perahu layar dari satu pulau ke pulau yang lain hingga tiba dan menetap di kepulauan Raja Ampat.

Suku Biak Numfor inilah yang memberi nama “Daratan Maladum” dengan sebutan SOREN yang kemudian dilafalkan oleh para pedagang tionghoa, misionaris dari Eropa, Maluku dan Sangihe Talaud dengan sebutan Sorong.

Awal mulanya kota sorong adalah salah satu kecamatan yang dijadikan pusat pemerintahan Kabupaten Sorong. Namun dalam perkembangannya telah mengalami perubahan, sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 31 Tahun 1996 tanggal 3 Juni 1996 menjadi Kota Administratif. Selanjutnya berdasarkan Undang-Undang Nomor 45 Tahun 1999 Kota Administratif ditingkatkan menjadi Kota Otonom, yakni Kota Sorong pada tanggal 21 Oktober 1999 dengn batas-batas administrative Kota Sorong bersamaan dengan Pembentukan Propinsi Irian Jaya Tengah, Propinsi Irian Jaya Barat, Kabupaten Paniai, Kabupaten Mimika, Kabupaten Puncak Jaya dan Kota Sorong ( Lembaran Negara RI Nomor 173 Tahun 1999, Tambahan Lembaran Negara RI Nomor 3894). adalah sebagai berikut :

· Sebelah Barat : Selat Dampir

· Sebelah Utara : Distrik Makbon dan Selat Dampir Kab.Sorong

· Sebelah Timur : Distrik Makbon, Kabupaten Sorong

· Sebelah Selatan : Distrik Aimas & Distrik Salawati, Kab. Sorong.

Secara Geografis Kota Sorong terletak pada Posisi, antara 131º 15’ Bujur Timur dan 0º 54’ Lintang Selatan. Dengan ketinggian 3 meter dari permukaan laut.

Kota Sorong dengan luas wilayah 1.105 Km² adalah pintu gerbang Papua, disamping sebagai kota persinggahan juga merupakan kota industri, perdagangan dan jasa.

Masyarakat Kota Sorong bersifat heterogen yang terdiri dari penduduk asli Papua ditambah dengan berbagai suku pendatang, yang menyebar dan mendiami 6 (enam) Distrik dan 31 Kelurahan. Berdasarkan pemutakhiran data penduduk Kota Sorong per Desember 2009 jumlah penduduk 286.822 jiwa yang terdiri dari Jumlah Laki-laki sebanyak 151.186 jiwa dan Perempuan sebanyak 135.636 jiwa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar