Kamis, 29 Agustus 2013

Wisata Kota Medan

Sumber : www.pemkomedan.go.id

Wisata 

ISTANA MAIMON
Istana ini merupakan salah satu objek wisata utama di kota Medan. Istana ini dibangun pada tahun 1888 oleh Sultan Makmun Al Rasyid Perkasa Alamsyah memerintah dari tahun 1873-1924. Arsiteknya TH Van Erp bekerja sebagai tentara KNIL.


TUGU GURU PATIMPUS
Guru Patimpus adalah orang terkenal di Medan. Dia mempunyai sejarah besar sebagai penemu Kota Medan. Berabad-abad yang lalu tepatnya pada tanggal 1 Juli 1560.


TJONG A FIE
Rumah Tjong A Fie merupakan gedung bergaya Tiongkok kuno yang sangat fantastis dan dibangun pada tahun 1900, lokasinya terletak dijalan Ahmad Yani (Kesawan).


KANTOR POS
Gedung ini wujud sejarah yang sangat menankjubkan selesai dibangun pada tahun 1911oleh arsitek SNUYF, Direktur Jawatan Pekerjaan Umum Belanda untuk Indonesia pada masa itu. Gedung ini merupakan karya besar utama SNUYF.


MESJID RAYA
Mesjid ini sebagai Lambang Kota Medan. Mesjid terindah memiliki nilai budaya, sejarah dan terbesar di Sumatera Utara.


GEREJA LAMA
Gereja Immanuel merupakan Gereja tertua di Medan. Lokasinya di jln. Diponegoro yang dibangun pada tahun 1921. Gereja ini masih digunkan oleh umat kristiani untuk kebaktian pada hari minggu dan hari lainnya seperti upacara pernikahan , Misa Natal dan sebagainya.


VIHARA GUNUNG TIMUR
Vihara Gunung Timur di kenal sebagai Vihara tertua di Kota Medan. Didirikan oleh Umat Budha pada tahun 1962.


KLENTENG HINDU SHRI MARIMMAN
Kuil Shri Mariamman merupakan Kuil Hindu tertua di Kota Medan. Dibangun pada tahun 1884 oleh umat Hindu.


MENARA AIR TITANADI
Satu lagi cirri Khas kota Medan adalah Bangunan Menara Air yang kini menjadi milik Perusahaan Air Minum Daerah Tirtanadi.


LONSUM
PT. LONDON SUMATERA INDONESIA, Gedung ini dulunya disebut JULIANA BUILDING pada tahun 1920-an,


MUSEUM BUKIT BARISAN
Museum ini dibuka pada tahun 1971. Museum ini adalah merupakan tempat yang menarik untuk dikunjungi dan menyimpan benda-benda sejarah perjuangan ABRI dan Rakyat di Sumatera Utara


TUGU JENDRAL AHMAD YANI
Di inti Kota Medan terdapat sejumlah taman kecil dan besar di jalan Jend. Sudirman dan terdapat Monumen Jend. Ahmad Yani tidak berapa jauh dari taman ini juga ada taman beringin yang terletak ditepi Sungai Babura.


MUSEUM SUMATERA UTARA
Museum ini terletak di Jln. H.M. Jhoni No. 51 Medan. Merupakan Museum terbesar di Sumatera Utara yang berbagai peninggalan Sejarah Budaya Bangsa, Hasil Seni dan Kerajinan dari berbagai Suku di Sumatera Utara.


TAMAN BUAYA MEDAN
Lo Than Mok pemilik 2600 ekor buaya yang memulai pemeliharaan sejak 1959. Taman Buaya ini terletak di kelurahan Asam Kumbang Kecamatan Medan Selayang,


KEBUN BINATANG MEDAN
Kebun Binatang ini dikelola Pemerintah kota Medan yang berisi berbagai jenis hewan tropis, hewan-hewan mamalia seperti Beruang, Harimau, Singa Gajah, Reptil dan lain-lain.


RAHMAT WILDLIFE MUSEUM & GALLERY
Rahmat International Wildlife Galleryn adalah satu-satunya di Asia yang meliki lebih kurang 850 lebih koleksi satwa dari berbagai negara.


PEKAN RAYA SUMATERA UTARA
Pekan Raya Sumatera Utara terletak di Jln. Gatot Subroto sekitar 7 Km dari pusat kota,


DANAU SIOMBAK
Danau Siombak Indaengas Pulau kecamatan Medan Marelan. Danau ini merupakan danau buatan yang indah, dengan luas area 40 H, jaraknya 15 Km dari pusat kota.


RAMADHAN FAIR
Ramdhan Fair dilaksanakan setiap tahun pada bulan puasa. Tempat yang bernuansa klasik ini bernama Taman Sri Deli. Terdapat banyak Stand makanan dan minuman,


LEBARAN FAIR
Lebaran Fair ini dilaksanakan setiap tahun pada saat memasuki Lebaran, Lebaran fair ini selalu dilaksanakan di Gedung tapian Daya Medan Jln. Gatot Subroto Medan


TAMAN SRI DELI
Taman Sri Deli ini merupakan Taman Putri-putri Sultan Deli dan Keluarga


MESJID RAYA LAMA (AL - OSMANI)
Mesjid merupakan Mesjid tertua di Kota Medan, berlokasi di Kec.Medan labuhan. dan disini 3 Sultan dimakam kan


TAMAN REKREASI MORA INDAH
Taman ini merupakan objek wisata rekreasi yang terletak di perbatasan Medan dengan Tanjung Morawa

Taman Rekreasi Mora Indah yang terletak di Jalan Sisingamangaraja kilometer 11 Medan


MESJID GANG BEGKOK
Mesjid ini merupakan Mesjid Tua yang ada hubungan nya dengan Tjong A Fie, terletak di Kel.Kesawan, tepatnya di Jl. Mesjid Medan


GRAHA BUNDA MARIA ANNAI VELANGKANNI (tempat ziarah)
Graha Bunda Maria Annai Velangkanni adalah tempat ziarah yang ditujukan sebagai devosi kepada Annai Velangkanni.Graha Bunda Maria Annai Velangkanni beralamat di Taman Sakura Indah Blok A / 1, Jl. Sakura III No. 7, Tanjung Selamat, telepon 061 8201943 Medan-Tuntungan


DANAU LINTING
Danau Linting merupakan salah satu Danau unik yang dapat anda kunjungi di kota Medan, Danau Linting ini mempunyai warna air yang hijau dan biru jika dilihat dari permukaan, dan disekeliling danau terdapat batu cadas. Lokasi Danau Linting di Kecamatan STM Hulu desa Sibunga-bunga Hilir Kabupaten deli serdang.


TAMAN REKREASI MORA INDAH
Taman Rekreasi Mora Indah merupakan taman hiburan lengkap yang terletak di Jalan Sisingamangaraja Km. 11, Medan. Taman Rekreasi Mora Indah dilengkapi dengan berbagai macam koleksi flora dan fauna. Di tempat ini juga disediakan play ground yang luas. Pemandangan di Mora Indah juga sangat indah. Untuk masuk area Taman Rekreasi Mora Indah dikenakan biaya masuk sebesar Rp. 5.000, itu belum termasuk biaya tiap fasilitas permainan yang ada.


PANTAI GUDANG GARAM
Di pantai Gudang Garam , desa kota pari, kec. Pantai cermin tersedia fasilitas penginapan (hotel) dilengkapi AC, restoran seafood, karaoke/musik dan pondok-pondok santai serta beberapa kolam pancing.


PANTAI SIALANG BUAH
Sialang Buah, nama sebuah pantai yang terletak tidak jauh dari kota medan namun tetap memberikan ketertarikan tersendiri bagi orang yang haus menikmati keindahan alam. Pantai ini sempat memberikan semangat hari ini untuk melangkahkan kaki ku menuju kehamparan pasir putihnya yang begitu menawan.


VIHARA ADHI MAITREYA MEDAN
Vihara Adhi Meitreya yang terletak di dalam Komplek Perumahan Cemara Asri ini dibangun pada 21 agustus 2008. Walaupun vihara ini masih termasuk bangunan baru dan bukan bangunan yang bersejarah akan tetapi Vihara ini juga merupakan tempat yang wajib dikunjungi bagi anda yang ingin berwisata ke kota Medan ini.


Ciri Khas 

MONUMEN LOKOMOTIF KERETA API MEDAN
Di samping bangunan stasiun kereta api Medan terdapat monumen lokomotif uap bertipe 2-6-4T buatan Hartmann (kemudian bernama Sachsische Maschinenfabrik) di Chemnitz, Jerman tahun 1914.


TITI GANTUNG
Jembatan dibangun untuk memudahkan masyarakat untuk mencapai satu tempat ke tempat lain. Ada jembatan tua nan cantik, membentang di atas jalur kereta api, terletak di dekat Stasiun Kereta Api Medan. Namanya Titi Gantung. Bentuknya berliku dan memiliki oranamen indah di sekeliling tubuhnya.


BANDAR UDARA INTERNASIONAL KUALA NAMU
Bandar Udara Internasional Kuala Namu adalah sebuah bandar udara baru untuk Kota Medan, Indonesia. Lokasinya merupakan bekas areal perkebunan PT Perkebunan Nusantara II Tanjung Morawa, terletak di Kuala Namu, Desa Beringin, Kecamatan Beringin, Kabupaten Deli Serdang.


TUGU JENDRAL AHMAD YANI
Di inti Kota Medan terdapat sejumlah taman kecil dan besar di jalan Jend. Sudirman dan terdapat Monumen Jend. Ahmad Yani tidak berapa jauh dari taman ini juga ada taman beringin yang terletak ditepi Sungai Babura dan Taman ini sekarang menjadi Taman Digital setelah diresmikan oleh Bapak Pj.Walikota Medan Drs. Afifuddin Lubis, M.Si


STASIUN MEDAN
Stasiun Medan adalah stasiun kereta api yang melayani Kota Medan, dan berada di pertemuan antara Kelurahan Kesawan (Medan Barat) dan Gang Buntu (Medan Timur). Stasiun yang terletak pada ketinggian +22 m ini merupakan pusat Divisi Regional 1 Sumatera Utara dan NAD, dan terletak di depan Lapangan Merdeka, sehingga merupakan stasiun kereta api terbesar di seantero DivRe, dan setiap harinya melayani 2000-2500 penumpang ke seantero Sumatera Utara.


VIHARA ADHI MAITREYA MEDAN
Vihara Adhi Meitreya yang terletak di dalam Komplek Perumahan Cemara Asri ini dibangun pada 21 agustus 2008. Walaupun vihara ini masih termasuk bangunan baru dan bukan bangunan yang bersejarah akan tetapi Vihara ini juga merupakan tempat yang wajib dikunjungi bagi anda yang ingin berwisata ke kota Medan ini.


MASJID LAMA GANG BENGKOK
Banyak simbol kerukunan umat beragama di Sumatera Utara. Masjid Lama Gang Bengkok di Kota Medan bisa dijadikan salah satu contohnya.Masjid Lama Gang Bengkok berdiri di Jalan Mesjid, Kelurahan Kesawan, Medan Kota. Lokasi ini masih di seputaran pusat bisnis Kota Medan di masa lalu, yaitu kawasan Kesawan (saat ini Jalan Ahmad Yani).


MASJID AL-OSMANI
Masjid Al-Osmani adalah sebuah masjid di Medan, Sumatera Utara. Masjid ini juga di kenal dengan sebutan Masjid Labuhan karena lokasinya yang berada di daerah Medan Labuhan. Masjid yang terletak sekitar 20 kilometer sebelah utara Kota Medan. Masjid ini adalah masjid tertua di kota Medan.


MUSEUM SUMATERA UTARA
Museum Sumatera Utara atau yang lebih dikenal warga Sumut Museum Negeri Provinsi Utara (disingkat Museum Negeri Provsu) ini terletak di Jln. H.M. Jhoni No. 51 Medan.

GEDUNG LONDON SUMATERA
Banyak situs peninggalan zaman pendudukan Belanda di Medan. Salah satunya adalah Gedung London Sumatera yang terletak di kawasan Jalan Kesawan. Sampai saat ini pun, gedung yang disebut sebagai gedung Lonsum ini masih berfungsi sebagai gedung perkantoran di Medan.


ISTANA MAIMUN
Istana Maimun, terkadang disebut juga Istana Putri Hijau, merupakan istana kebesaran Kerajaan Deli. Istana ini didominasi warna kuning, warna kebesaran kerajaan Melayu. Pembangunan istana selesai pada 25 Agustus 1888 M, di masa kekuasaan Sultan Makmun al-Rasyid Perkasa Alamsyah. Sultan Makmun adalah putra sulung Sultan Mahmud Perkasa Alam, pendiri kota Medan.

TUGU GURU PATIMPUS
Tahukan anda siapa pendiri kota Medan? Beliau adalah Guru Patimpus. Beliau lahir di Taneh Karo Simalem, dekat Gunung Sibayak yang terkenal, beliau menikah di Batu Karang dengan Beru Bangun, dan memiliki seorang anak laki-laki bernama Bagelit.


KANTOR POS DAN GIRO MEDAN
Kantor Pos & Giro yang letaknya berada di persimpangan Jl. Balai Kota tepatnya menghadap ke lapangan merdeka medan (dulunya disebut esplanade) merupakan bangunan sejarah peninggalan zaman kolonial Belanda. Fungsi bangunan yang tidak berubah dari dulu yaitu sebagai jasa pengiriman surat dan pengiriman lain sangat menopang dan menjadi fungsi yang fundamental untuk masyarakat kota Medan.


MASJID RAYA MEDAN
Masjid Raya Medan atau Masjid Raya Al Mashun merupakan sebuah masjid yang terletak di Medan, Indonesia. Masjid ini dibangun pada tahun 1906 dan selesai pada tahun 1909. Pada awal pendiriannya, masjid ini menyatu dengan kompleks istana. Gaya arsitekturnya khas Timur Tengah, India dan Spanyol. Masjid ini berbentuk segi delapan dan memiliki sayap di bagian selatan, timur, utara dan barat.


MENARA AIR TIRTANADI
Menara Air Tirtanadi merupakan salah satu ikon kota Medan. Keberadaan menara ini dapat dikatakan sangat vital bagi masyarakat kota Medan. Bangunan ini didirikan pada tahun 1908, oleh pemerintah Belanda, sebagai tempat penampungan air bagi masyarakat Medan. Namun tidak semua masyarakat medan dapat memanfaatkan menara air tersebut, hanya golongan menengah keatas saja yang diperkenankan memanfaatkan menara air tersebut sebagai sumber penghasil air untuk kebutuhan sehari-hari. Masyarakat golongan menengah kebawah masih menggunakan sumur-sumur untuk memenuhi kebutuhan air mereka sehari-hari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar