Sabtu, 31 Agustus 2013

Wilayah Kota Sorong

Sumber : www.sorongkota.go.id

Kondisi Geografis Daerah

Letak Geografis

Secara Geografis Kota Sorong terletak pada posisi antara 131º 15’ Bujur Timur dan 0º 54’ Lintang Selatan dengan ketinggian 3 meter dari permukaan laut. Letak Kota Sorong sangat strategis jika dibandingkan dengan Kabupaten/Kota di Provinsi Papua Barat, karena berada pada posisi paling barat dan merupakan pintu masuk dari wilayah Indonesia bagian barat ke Propinsi Papua Barat. Selain itu Kota Sorong juga merupakan kota persinggahan bagi pengunjung dan wisatawan sebelum melanjutkan perjalanan ke arah utara dan arah selatan ke Kota/Kabupaten lain serta ke ibukota Propinsi Papua Barat yang terletak paling ujung sebelah timur Propinsi Papua Barat.


Luas wilayah dan Batas Administrasi

Kota Sorong dengan luas wilayah 1.105 Km² terdiri dari 6 (enam ) Distrik dan 31 Kelurahan adalah pintu gerbang bagi Provinsi Papua Barat, disamping sebagai Kota persinggahan juga merupakan Kota industri, perdagangan dan jasa.

Adapun luas Kota Sorong berdasarkan Luas Distrik (Kecamatan) adalah sebagai berikut :

Sorong (126,85 km2)
Sorong Barat (254,15 km2)
Sorong Utara (229,71 km2)
Sorong Timur (158,22 km2)
Sorong Manoi (135,97 km2)
Kepulauan Sorong (200,10 km2)

Batas-batas administratif Kota Sorong

Berdasarkan UU Nomor 45 Tahun 1999 Tentang Pembentukan Propinsi Irian Jaya Tengah, Propinsi Irian Jaya Barat, Kabupaten Paniai, Kabupaten Mimika, Kabupaten Puncak Jaya dan Kota Sorong ( Lembaran Negara RI Nomor 173 Tahun 1999 ), Tambahan Lembaran Negara RI Nomor 3894). adalah sebagai berikut :

Sebelah Barat : Selat Dampir
Sebelah Utara : Distrik Makbon, Kabupaten Sorong dan Selat Dampir
Sebelah Timur : Distrik Makbon, Kabupaten Sorong
Sebelah Selatan : Distrik Aimas,Kabupaten Sorong dan Distrik Salawati, Kabupaten Raja Ampat


Iklim dan Tofografis Daerah

Dengan posisi Kota Sorong dibawah garis khatulistiwa, suhu sepanjang tahun 2010 tidak banyak bervariasi. Berdasarkan catatan Badan Metereologi dan Geofisika di Stasiun Jefman pada ketinggian 3 m di atas permukaan Laut, suhu udara minimum di Kota Sorong sekitar 24,23° C, dan suhu udara maksimum sekitar 31,23° C . Curah hujan tercatat 3.127,10 mm. Curah hujan relatif merata sepanjang tahun 2011. Tidak terdapat bulan tanpa hujan. Banyaknya hari hujan setiap bulan antara 12 – 27 hari. Kelembaban udara rata-rata tercatat 85,00%.

Jumlah Bangunan Rumah

Dengan letak Geografis Kota Sorong yang berada pada posisi paling barat pulau Papua dan merupakan pintu gerbang bagi segala aktifitas perdagangan, jasa maupun persinggahan bagi para pengunjung atau wisatawan sebelum melanjutkan perjalanan ke Kota/Kabupaten lain, maka minat masyarakat/insvestor untuk membangun dan mengembangkan perumahan di Kota Sorong Cukup besar. Jumlah rumah dan bangunan mencapai 50.249 unit.

Gambaran Umum Demografis; Jumlah Penduduk, Komposisi Penduduk Menurut Jenis Kelamin, Struktur Usia, dan Pendidikan.

Masyarakat Kota Sorong bersifat heterogen yang terdiri dari penduduk asli Papua ditambah dengan berbagai suku pendatang yang menyebar dan mendiami 6 (enam) Distrik/Kecamatan. Berdasarkan pemutakhiran data penduduk Kota Sorong per Desember 2011 jumlah penduduk 287.199 jiwa yang terdiri dari Jumlah Laki-laki sebanyak 151.128 jiwa dan Perempuan sebanyak 136.071 jiwa. Perbandingan penduduk laki-laki dan perempuan di Kota Sorong (sex ratio) menunjukkan bahwa penduduk laki-laki lebih besar dari penduduk perempuan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar