Selasa, 27 Agustus 2013

Wisata Alam Kota Pekalongan

Sumber : www.pekalongankota.go.id

Pemandian Air Panas Tirta Bumi

Pemandian Air Panas Tirta Bumi terletak di Jl. Jend. Sudirman No. 135 Pekalongan, yang merupakan jalur utama Semarang – Pekalongan, kira-kira 2,5 Km dari stasiun kereta api dan 1 Km dari terminal bus Kota Pekalongan. Obyek Wisata ini menawarkan tempat mandi air panas yang alami, mengandung belerang dan sangat bermanfaat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit, terutama penyakit kulit dan reumathik, Harga tiket Rp. 2.500,00. Fasilitas yang tersedia yaitu, kamar mandi air panas, kamar mandi bilas dan tempat ganti pakaian. Pemandian air panas ini merupakan asset Pemerintah Kota Pekalongan yang disewakan per tahun kepada pihak swasta. Namun dalam pengelolaannya masih mendapat pengawasan dari Kantor Pariwisata dan Kebudayaan Kota Pekalongan.


Pantai Slamaran Indah

Pantai Slamaran Indah terletak di sebelah timur Pantai Pasir Kencana, dibatasi oleh muara Pelabuhan Perikanan Nusantara Pekalongan, dapat dicapai lewat muara pelabuhan dengan perahu pesiar dan lewat jalur darat dengan menggunakan angkutan umum sekitar 5 Km dari pusat kota atau terminal bus Kota Pekalongan. Sebagai daerah wisata, Pantai Slamaran memiliki pemandangan yang sangat indah, udara yang segar dan dapat pula disaksikan terbit dan terbenamnya matahari sehingga sangat menarik untuk dikunjungi.

Luas lahan Pantai Slamaran Indah sekitar 3,5 Ha, dilengkapi fasilitas lahan parkir yang luas, rumah makan, warung makan serta perahu sewa yang siap mengantarkan pengunjung berkeliling di sekitar Pantai Slamaran.

Harga tiket masuk sebesar Rp. 500,00 (hari biasa) ; Rp. 1.000,00 (hari Munggu/Libur) dan Rp. 2.000,00 (Malam Minggu) serta untuk semua tiket sudah termasuk Asuransi.


Pantai Pasir Kencana 

Obyek Wisata Pantai Pasir Kencana merupakan Obyek Wisata Utama yang dimiliki Pemerintah Kota Pekalongan. Terletak berbatasan dengan Tempat Pelelangan Ikan atau Pelabuhan Perikanan Nusantara di Pantai Utara Jawa, dengan jarak tempuh 4,5 Km dari kota / stasiun kereta api, luas lahan pantai ini adalah 1,5 Ha. Obyek Wisata yang dikelola oleh Kantor Pariwisata dan Kebudayaan Kota Pekalongan, ini dibuka untuk umum dari jam 06.00 wib – 21.00 wib. Fasilitas yang tersedia adalah mainan anak-anak dan taman bermain, panggung terbuka, koleksi satwa, bangku dan taman untuk bersantai, Becak Air, Cafe/ warung makan, Musholla, toilet dan Kamar Mandi Bilas, serta lahan parkir.

Obyek Wisata lain yang ada disekitar Pantai Pasir Kencana adalah adanya Krematorium, Pura dan tambak-tambak ikan serta Aquarium Ikan Laut yang ada di Pelabuhan Perikanan. Disini pengunjung dapat bersantai sambil menyaksikan matahari terbit / terbenam, aktivitas nelayan dan perahunya, bermain di taman, memancing, olah raga pantai atau sekedar menghirup udara pantai yang segar. Pengunjung biasanya paling banyak datang pada hari Minggu / Libur dan hari Jum’at pagi. Setiap pengunjung wajib membayar tiket masuk dengan harga sebesar Rp. 1.100,00 (hari biasa) ; Rp. 1.600,00 (hari Munggu/Libur) dan Rp. 2.100,00 (Malam Minggu) serta untuk semua tiket sudah termasuk Asuransi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar