Sabtu, 31 Agustus 2013

Wisata Kota Blitar

Sumber : blitarkota.go.id

Map Excursion Guide


About Blitar City



ISTANA GEBANG
Istana Gebang di Jalan Sultan Agung, Kelurahan Sananwetan, Kecamatan Sananwetan Kota Blitar. Istana Gebang ini merupakan rumah tempat tinggal Keluarga Bung Karno. Bangunan tersebut telah dijadikan museum yang menyimpan benda-benda kenangan semasa hidup Bung Karno dan keluarganya. Dalam pengembangannya tetap mempertahankan bentuk aslinya dan dilengkapi sarana pendukung lainnya.

MONUMEN PETA
Kota Blitar dikenal dengan pusat pemberontakan PETA melawan tentara Jepang yang dipimpin seorang Sudanco bernama Supriyadi pada tahun 1945. Sebagai penghormatan atas jasa beliau dibangunlah sebuah monument di keas maskas PETA. Dan untuk menumbuhkan semangat patriotic di kalangan generasimuda, maka setiap tanggal 14 Februari diperingati sebagai Hari PETA. Berada di Jalan Sudanco Supriyadi, sebelah selatan Taman Makam Pahlawan Kota Blitar dilengkapi dengan fasilitas pertamanan dan tenda-tenda kafe jika hari menjelang malam


MASJID AGUNG
Masjid Agung merupakan masjid terbesar di Kota Blitar. Masjid ini sudah dikelilingi pagar serta gapura masuk yang indah. Masjid Agung dilengkapi dengan sarana pendukung yang memadai. Terletak tepat di sebelah barat aloon-aloon Kota Blitar.

MAKAM BUNG KARNO
Tempat disemayamkannya seorang tokoh besar Bapak Proklamator Kemerdekaan Republik Indonesia dan Presiden Pertama Ir. Soekarno. Di dalam kompleks Makam Bung Karno terdapat makan ayahanda R. Soekeni Sosrodihardjo dan ibunda Ida Ayu Nyoman Rai. Kompleks yang diberi nama Astono Mulyo ini selalu dijadikan tujuan utama bagi wisatawan. Terletak di Jalan Ir. Soekarno, sebelah utara pusat Kota Blitar. Sekitar 1 km dari Pusat Informasi Pariwisata dan Perdagangan (PIPP) dan kurang lebih 3 km dari Stasiun Kota Blitar.

MAKAM ADIPATI ARYO BLITAR
Tempat peristirahatan terakhir Adipati Aryo Blitar yang diyakini sebagai pendiri (pepunden) Kota Blitar. Pada bulan asyura dan setiap malam Jumat Legi ramai dikunjungi masyarakat untuk mendapatkan berkah dari Kanjeng Aryo Balitar. Setiap tahunnya selalu diadakan upacara “bersih desa” di bulan itu. Untuk kenyamanan pengunjung juga dilengkapi dengan Paseban, pertamanan yang asri serta toilet umum yang telah disediakan. Berada di Jalan Pamungkur Kelurahan Blitar, Kecamatan Sukorejo. Arah barat daya pusat kota, sekitar 4,5 km dari stasiun Kota Blitar

WATER PARK SUMBER UDEL
Sumber Udel, sebuah wahana bermain air bagi keluarga. Meski sempat berganti nama, akhirnya kembali menggunakan nama Sumber Udel. Sebuah pemandian dengan standar nasional, memiliki dua jenis kolam renang untuk bermain anak dan olahraga, telah melahirkan atlet-atlet berbakat yang mampu berprestasi di tingkat regional, nasional dan internasional. Airnya sangat jernih karena berasal dari sumber mata air yang mengalir. Makanya datang saja ke Water Park Sumber Udel yang berada di Jalan Brantas (atau barat Stadion Supriyadi Kota Blitar).

TAMAN KEBONROJO
Merupakan taman yang berfungsi sebagai paru-paru kota yang dapat terdapat pohon-pohon langka, dimana banyak masyarakat umum / wisatawan memanfaatkan sebagai tempat bersantai dan berekreasi bagi keluarga. Oleh karena itu disama juga dilengkapi dengan taman bermain anak, areal parkir yang yang luas serta bersebelahan dengan masjid dan gereja, ditambah lagi adanya koleksi binatang yang dilindungi serta arena olahraga panjat dinding. Berada di kompleks Rumah Dinas Walikota Blitar tepatnya di Jalan Diponegoro No 12, berjarak kurang lebih 200 meter kea rah barat dari Monimen PETA.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar