Jumat, 31 Juli 2020

Kota Mandalawangi

Kec. Mandalawangi Kab Pandeglang
Peta : https://goo.gl/maps/GLcGhxs7k2QjFJu98
Data : Kab. Pandeglang dalam Angka 2020,
BPS Kab. Pandeglang
Penelusuran Kota Ke 985

Nama Kota Mandalawangi sudah cukup terkenal. Cara mudah mengetahuinya bagaimana ? Ketik kata "Mandalawangi" melalui mesin pencari Google, maka akan muncul Mandalawangi dalam format artikel, gambar, bahkan video. Mandalawangi sudah dikenal sebagai salah satu destinasi wisata di Kabupaten Pandeglang. Hal ini merupakan potensi sumberdaya alam yang luar biasa, tinggal dikelola lebih lanjut secara profesional, dengan tetap mengedepankan kepentingan masyarakat setempat dan kearifan lokal.


Mandalawangi merupakan salah satu dari 35 kecamatan di Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten. Letaknya di bagian paling utara Kabupaten Pandeglang, wilayahnya berbatasan langsung dengan Kabupaten Serang (Kecamatan Ciomas dan Padarincang). Di sebelah barat berbatasan dengan Kecamatan Padarincang (Kab. Serang), Kecamatan Jiput dan Kecamatan Pulosari; sebelah selatan berbatasan dengan Kecamatan Pulosari dan Cipeucang; serta sebelah timur berbatasan dengan Kecamatan Cimanuk dan Kaduhejo.

Desa-desa Di Kec. Mandalawangi
(Sumber : BPS Kab Pandeglang, 2019)
Berdasarkan data dari buku "Kabupaten Pandeglang dalam Angka 2020" yang diterbitkan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Pandeglang (2020), jumlah penduduk Kecamatan Mandalawangi tahun 2019 sebanyak 49.257 jiwa, dengan luas wilayah 80,19 km2, sehingga kepadatan penduduknya 614 jiwa per km2.

Pusat pemerintahan Kecamatan Mandalawangi terdapat di Desa Cikoneng. Kecamatan Mandalawangi meliputi 15 desa dengan kisaran jumlah penduduk antara 2.184 jiwa (Mandalasari) sampai 4.229 jiwa (Sinarjaya). Lima desa dengan jumlah penduduk terbanyak ialah Sinarjaya, Nembol, Cikoneng, Pandat dan Mandalawangi. Adapun lima desa yang paling luas wilayahnya berturut-turut Cikumbueun, Ramea, Mandalawangi, Sinarjaya dan Cikoneng.

Kecamatan Mandalawangi berada di lembah yang berada di empat kaki gunung, yaitu Gunung Aseupan di sebelah barat; Gunung Karang di sebelah timur; Gunung Pulosari di sebelah selatan; dan sebuah gunung lagi di kawasan utara. (Atep Afia Hidayat - InfoKotaKita.com)



Referensi :

Kabupaten Pandeglang dalam Angka 2020. BPS Kab. Pandeglang (2020)
dalam https://pandeglangkab.bps.go.id/publication/
Kecamatan Mandalawangi dalam Angka 2019. BPS Kab. Pandeglang (2019)
dalam https://pandeglangkab.bps.go.id/publication/
Mandalawangi Layak Jadi Destinasi Wisata. 2018. Kabar Banten. Dalam :
https://www.kabar-banten.com/mandalawangi-layak-jadi-destinasi-wisata/



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.