Sabtu, 16 Agustus 2014

Kota Cidaun

Cidaun merupakan salah satu dari 32 kecamatan yang ada di Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat. Selain Agrabinta dan Sindangbarang, Cidaun merupakan kecamatan yang berbatasan langsung dengan Samudera Indonesia dan memiliki garis pantai yang panjang. Sedangkan desa-desa pesisir di Cidaun meliputi Sukapura, Cisalak, Jayapura. Kertajadi, Cidamar dan Karangwangi.

Peta wilayah Kota Cidaun cukup unik yaitu berbentuk huruf "L" terbalik, di mana sebelah utara berbatasan dengan wilayah Kabupaten Bandung; sebelah timur dengan Kabupaten Garut; sebelah selatan dengan Samudera Indonesia; serta sebelah barat dengan Kecamatan Naringgul, Cikadu dan Sindangbarang.

Cidaun merupakan kecamatan yang  wilayahnya paling luas di Kabupaten Cianjur, yaitu mencapai 295,51 km2 dengan jumlah penduduk tahun 2012 sebanyak 66.077 jiwa, sehingga kepadatan penduduknya 224 jiwa per km2 (bandingkan dengan kepadatan penduduk Kota Kecamatan Cianjur yang mencapai 6.219 jiwa per km2).

Kota Cidaun meliputi 13 desa,  dengan kisaran jumlah penduduk setiap desa antara 3.000 - 9.000 jiwa; Desa  dengan  penduduk terbanyak berturut-turut Kertajadi, Cidamar, Sukapura, Karangwangi dan Jayapura.

Peta dan Data:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar