Minggu, 10 Agustus 2014

Kota Cilamaya

Kota Cilamaya meliputi dua dari 30 kecamatan yang ada di Kabupaten Karawang, Provinsi Jawa Barat. Kota Cilamaya melputi Kecamatan Cilamaya Wetan dan Cilamaya Kulon. Di Kota Cilamaya direncanakan akan dibangun pelabuhan untuk menampung kelebihan beban Pelabuhan Tanjung Priuk, Jakarta Utara. Untuk pembangunan Pelabuhan Cilamaya dengan nilai proyek Rp. 60 triliun, Jepang sudah siap membantu karena makin banyaknya industri Jepang yang berinvestasi di timur Jakarta.


Kecamatan Cilamaya Wetan memiliki luas wilayah 69,36 km2 dengan jumlah penduduk tahun 2012 sebanyak 75.863 jiwa, sehingga kepadatan penduduknya mencapai 1.094 jiwa per km2. Cilamaya Wetan meliputi 12 desa/kelurahan dengan kisaran jumlah penduduk antara 3.000 - 13.000 jiwa, dengan peringkat penduduk paling banyak berturut-turut Cilamaya, Sukatani, Tegalwaru, Mekarmaya dan Cikarang.

Kecamatan Cilamaya Kulon memiliki luas wilayah 63,18 km2 dengan jumlah penduduk 59.917 jiwa (tahun 2012), sehingga kepadatan penduduknya 948 jiwa per km2. Cilamaya Kulon meliputi 12 desa/kelurahan dengan kisaran jumlah penduduk 2.000 - 8.000 jiwa, dengan peringkat penduduk paling banyak berturut-turut Sumurgede, Pasirjaya, Sukajaya, Manggungjaya dan Sukamulya.

Adapun batas wilayah Kota Cilamaya sebelah barat dengan Kecamatan Tempuran dan Lemahabang; sebelah selatan dengan Kecamatan Banyusari; sebelah timur dengan Kabupaten Subang; dan sebelah utara dengan Laut Jawa.

Terdapat opsi pembentukan Kabupaten Cilamaya yang meliputi Kecamatan Cilamaya Wetan, Cilamaya Kulon dan beberapa kecamatan di sekitarnya.

Data dan Peta:




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.