Kamis, 14 Agustus 2014

Kota Cihampelas

Cihampelas lebih dikenal sebagai nama jalan di Kota Bandung yang memiliki pusat perbelanjaan, dengan komoditas utama pakaian dari bahan jeans yang sangat terkenal sampai ke Jakarta dan kota besar lainnya di Indonesia. Namun Cihampelas juga merupakan nama sebuah kota kecil yang berstatus sebagai salah satu dari 16 kevamatan yang ada di Kabupaten Bandung Barat (KBB).


Cihampelas merupakan hasil pemekaran dari Kecamatan Cililin yang memiliki luas wilayah 46,99 km2 dengan jumlah penduduk 106.762 jiwa, sehingga kepadatan penduduknya mencapai 2.272 jiwa per km2. Cihampelas merupakan kota dengan tingkat kepadatan penduduk peringkat keempat di KBB, yaitu setelah Ngamprah, Padalarang dan Batujajar.

Kota Cihampelas meliputi 10 desa/kelurahan dengan kisaran jumlah penduduk antara 6.000 - 16.000 jiwa, dengan peringkat penduduk paling banyak berturut-turut Cihampelas, Citapen, Pataruman, Mekarmukti, dan Mekarjaya.

Adapun batas wilayah Kota Cihampelas meliputi sebelah barat dan selatan dengan Waduk Saguling bersebrangan dangan Kecamatan Saguling dan Cililin; sebelah utara dengan Waduk Saguling besebrangan dengan Kecamatan Batujajar; dan sebelah barat dengan Kabupaten Bandung.

Peta dan Data :



Tidak ada komentar:

Posting Komentar