Kamis, 14 Agustus 2014

Kota Lembang

Sebenarnya Kota Lembang merupakan tempat yang paling terkenal di kawasan Kabupaten Bandung Barat (KBB). Lembang merupakan destinasi parawisata utama di Bandung Raya, sekaligus merupakan kawasan penyangga perkembangan Kota Metropolitan Bandung di bagian utara. Kota Lembang memiliki luas wilayah 95,56 km2 dengan jumlah penduduk tahun 2012 sebanyak 180.526 jiwa, sehingga kepadatan penduduknya 1.889 jiwa per km2.


Lembang menjadi Kota Lembang meliputi 16 kecamatan dengan kisaran jumlah penduduk antara 5.000 - 19.000 jiwa, dengan peringkat penduduk paling banyak beruturut-turut Jayagiri, Lembang, Gudangkahuripan, Cikole dan Langensari.

Batas wilayah Kota Lembang meliputi sebelah utara dengan Kabupaten Subang; sebelah timur dengan Kabupaten Sumedang; sebelah selatan dengan Kabupaten Bandung dan Kota Bandung; serta sebelah barat dengan Kecamatan Parongpong.

Kota Lembang merupakan kecamatan dengan jumlah penduduk paling banyak di KBB. Dengan menjadikan Kota Batu yang dimekarkan dari Kabupaten Malang sebagai percontohan (dalam hal ini banyak kemiripan antara Kota Lembang dengan Kota Batu), sebenarnya perlu dipertimbangkan untuk menjadikan Lembang sebagai kota otonom, yaitu dengan terlebih dahulu memekarkan Lembang menjadi Lembang Barat, Lembang Tengah dan Lembang Timur (Jayagiri dan sekitarnya), kemudian digabungkan dengan wilayah Kecamatan Parongpong. Sehingga akan terbentuk Kota Otonom Lembang dengan luas wilayah 140,71 km2 dengan jumlah penduduk 282.299 jiwa (tahun 2012).

Peta dan Data:

http://bandungbaratkab.bps.go.id/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar