Kamis, 07 Agustus 2014

Pelabuhan Paciran



Pelabuhan Paciran diresmikan pada tahun 2013. Pelabuhan ini dikembangkan untuk menampung kelebihan beban Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, sehingga mobilitas penumpang dan barang dari dan menuju Jawa Timur dapat dikelola dengan baik. Lebih jauh lagi dapat  memperlancar perhubungan dan perdagangan antar pulau, sehingga berpengaruh positif terhadap perekonomian Jawa Timur.


Pelabuhan Paciran (Sabuk Selatan)  memiliki lintasan tersendiri dengan Pelabuhan Garongkong (Sabuk Tengah di Sulawesi Selatan), sehingga dapat  menghubungkan  koridor kawasan ekonomi Jawa dengan Sulawesi. Pelabuhan Paciran dikelola oleh  PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry, dengan jadwal penyeberangan lintas Paciran-Garongkong  dua kali sepekan.

Lintasan Paciran-Garongkong dilayani oleh KMP Jatra III milik PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) yang berkapasitas muat 525 penumpang dan kendaraan roda empat campuran sebanyak 72 unit. Rute Pelabuhan Paciran – Garongkong mempunyai jarak 470 mil. Dengan kecepatan kapal 12 – 15 knot per jam waktu tempuhnya sekitar 24 jam.


Sumber :
http://www.infobisnisinternasional.com/
http://www.jasaraharja.co.id/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar