Sabtu, 09 Agustus 2014

Kota Karawang

Kota Karawang meliputi dua dari 30 kecamatan yang ada di Kabupaten Karawang, Provinsi Jawa Barat, sekaligus menjadi ibukota kabupaten. Kota Karawang terdiri dari Kecamatan Karawang Barat dan Karawang Timur.

Karawang Barat memiliki luas wilayah 33,68 km2 dengan jumlah penduduk tahun 2012 sebanyak 161.226 jiwa, sehingga kepadatan penduduknya mencapai 4.787 jiwa per km2, merupakan kecamatan paling padat penduduknya di Kabupaten Karawang. Karawang Barat meliputi delapan desa/kelurahan dengan kisaran jumlah penduduk 12.000 - 29.000 jiwa, dengan peringkat penduduk paling banyak berturut-turut Karangpawitan, Tanjungpura, Karawang Kulon, Nagasari dan Adiarsa Barat.


Karawang Timur memiliki luas wilayah 29,77 km2 dan berpenduduk 127.373 jiwa (tahun 2012), sehingga kepadatan penduduknya mencapai 4.279 jiwa per km2. Karawang Timur meliputi delapan desa dengan kisaran jumlah penduduk antara 5.000 - 30.000 jiwa, dengan peringkat penduduk paling banyak berturut-turut Karawang Wetan, Palumbonsari, Adiarsa Timur. Kondangjaya dan Warungbambu.

Batas wilayah Karawang Barat meliputi sebelah barat dengan Kabupaten Bekasi dan Kecamatan Telukjambe Timur; sebelah selatan dengan Kecamatan Telukjambe Timur; sebelah timur dengan Kecamatan Karawang Timur dan Rawamerta; serta sebelah utara dengan Kecamatan Rengasdengklok dan Kabupaten Bekasi.

Batas wilayah Karawang Timur meliputi sebelah barat dengan Kecamatan Karawang Barat dan Telukjambe; sebelah selatan dengan Kecamatan Klari; sebelah timur dengan Kecamatan Majalaya; dan sebelah utara dengan Kecamatan Rawamerta.

Apakah Kota Karawang ada peluang statusnya ditingkatkan menjadi daerah otonom ? Bisa saja, misalnya dengan menggabungkan lima kecamatan yang terdiri dari Rengasdengklok, Karawang Barat, Karawang Timur; Telukjambe Barat dan Telukjambe Timur. Secara keseluruhan akan membentuk kota otonom seluas 208,40 km2 dengan jumlah penduduk sekitar 588 ribu jiwa.

Data dan Peta:



Tidak ada komentar:

Posting Komentar