Kamis, 07 Agustus 2014

Kota Paciran

Kota Paciran terletak di bagian utara Kabupaten Lamongan. Berbatasan langsung dengan Laut Jawa di sebelah utara, sehingga Paciran memiliki garis pantai yang panjang dan memiliki obyek wisata bahari yang lebih dikenal dengan Wisata Bahari Lamongan (WBL); Sebelah barat berbatasan dengan Kecamatan Brondong; sebelah selatan dengan Kecamatan Solokuro; dan sebelah timur dengan Kabupaten Gresik.

Dari segi jumlah penduduk Paciran merupakan kota  terbesar di Kabupaten Lamongan, yaitu dihuni oleh 90.604 jiwa (jauh melebihi penduduk Kota Lamongan yang berpenduduk 67.289 jiwa, berdasarkan data BPS Kab Lamongan tahun 2012 ), menempati wilayah seluas 47,90 km2, sehingga kepadatan penduduknya mencapai 1.892 jiwa per km2. Dengan demikian Paciran pun merupakan kota kecamatan terpadat di Kabupaten Lamongan.

Kota Paciran meliputi 17 desa/kelurahan, dengan peringkat penduduk paling banyak berturut-turut Blimbing (lebih dari 17 ribu jiwa); Paciran (lebih dari 16 ribu jiwa); Banjarwati (sekitar 8 ribu jiwa); Kandangsemangkon; Kranji dan Sendangagung. Sebagian besar atau 12 desa di antaranya berada di kawasan pesisir memanjang dari barat ke timut berturut-turut Blimbing; Kandangsemangkon; Paciran; Tunggul; Kranji; Banjarwati; Kemantren; Sidokelar; Paloh; Weru; Sidokumpul dan Warulor.

Peta:


Data:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar