Selasa, 05 Juli 2016

Kota Cibungbulang

Kota Cibungbulang merupakan salah satu dari 40 kecamatan yang ada di Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat. Kota Cibungbulang memiliki luas wilayah 38,38 km2 dengan jumlah penduduk tahun 2014 sebanyak 131.284 jiwa, sehingga kepadatan penduduknya mencapai 3.421 jiwa per km2. Kota Cibungbulang berjarak 25 km ke arah barat dari Kota Bogor; sekitar 54 km ke arah selatan dari Kota Tangerang, dan 63 km arah selatan (barat daya) Kota Jakarta.

Kota Cibungbulang dilalui jalan lintas provinsi yang menghubungkan Kota Bogor (Provinsi Jawa Barat) dengan Kota Rangkasbitung (Provinsi Banten). Antara lain dilalui trayek bis Bandung - Pandeglang (via Puncak - Rangkasbitung); Bogor - Pandeglang; Bogor - Jasinga; Bandung - Leuwiliang; dan sebagainya.

Kota Cibungbulang masuk kawasan Kabupaten Bogor bagian barat, yang rencananya bersama 13 kecamatan lainnya akan membentuk daerah otonomi tersendiri, yaitu Kabupaten Bogor Barat.

Kota Cibungbulang meliputi 15 desa dengan kisaran jumlah penduduk antara 6.000 - 13.000 jiwa, adapun lima desa dengan peringkat lima terbanyak penduduknya berturut-turut Situ Udik, Ciaruten Ilir, Cemplang, Situ Ilir dan Cimanggu 1. Desa-desa lainnya yaitu Cibatok 2, Ciaruten Udik, Cibatok 1, Sukamaju, Galuga, Dukuh, Cimanggu 2, Girimulya, Leuweung Kolot dan Ciujung.

Adapun batas wilayah Kota Cibungbulang ialah sebelah barat dengan Kecamatan Leuwiliang; sebelah selatan dengan Kecamatan Pamijahan; sebelah timur dengan Kecamatan Ciampea; dan sebelah utara dengan Kecamatan Rumpun dan Ranca Bungur.

Sumber Peta :


Sumber Data:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar