Jumat, 15 Juli 2016

Kota Leuwiliang

Kota Leuwiliang merupakan salah satu dari 40 kecamatan yang ada di Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat. Kota Leuwiliang memiliki luas wilayah 61,77 km2 dengan jumlah penduduk 119.489 jiwa (tahun 2014), sehingga kepadatan penduduknya mencapai 1.934 jiwa per km2, masih di bawah kepadatan penduduk Kabupaten Bogor 2.574 jiwa per km2.


Leuwiliang meliputi 11 desa, tiga di antaranya tergolong desa kota dan delapan desa pedesaan. Kisaran jumlah penduduk desa di Leuwiliang antara 8.000 - 15.000 jiwa, dengan lima desa dengan jumlah penduduk paling banyak berturut-turut Leuwiliang, Leuwimekar, Purasari, Karehkel dan Barengkok. Desa-desa lainnya ialah Puraseda, Karyasari, Pbangbon, Karacak, Cibeber I dan Cibeber II.

Adapun batas Kota Leuwiliang meliputi sebelah utara dengan Kecamatan Rumpin; sebelah timur dengan Kecamatan Cibungbulang dan Pamijahan; sebelah selatan dengan Kabupaten Sukabumi; serta sebelah barat dengan Kecamatan Nanggung dan Leuwisadeng.

Dalam tata ruang Kabupaten Bogor, Kecamatan Leuwiliang termasuk dalam kawasan perkotaan, pemukiman perkotaan, serta kawasan prioritas pengembangan industri besar dan menengah. Sebelum Cibinong ditetapkan sebagai ibukota Kabupaten Bogor, Leuwiliang pernah menjadi salah satu kandidat ibukota. (Atep Afia Hidayat).

Sumber :
http://kecamatanleuwiliang.bogorkab.go.id/
https://bogorkab.bps.go.id/new/website/pdf_publikasi/Kabupaten-Bogor-Dalam-Angka-2010.pdf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar