Selasa, 11 Februari 2014

Kota Pangkalan Brandan

Kota Pangkalan Brandan wilayah intinya meliputi tiga dari delapan desa/kelurahan yang ada di Kecamatan Babalan, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara, yaitu  Brandan Barat, Brandan Timur dan Brandan Timur Baru. Pangkalan Brandan memiliki ladang minyak tertua di Indonesia, kota inipun menjadi pintu gerbang Sumatera Utara dari arah Nangroe Aceh Darussalam.

Pangkalan Brandan layak ditingkatkan statusnya menjadi kota otonom, yaitu dengan menggabungkan minimal tiga kecamatan yang meliputi Babalan, Sei Lapan dan Brandan Barat. Secara keseluruhan akan memiliki luas wilayah 446,89 km2 dengan jumlah penduduk 126.292 jiwa (tahun 2012), sehingga kepadatan penduduknya mencapai 283 jiwa per km2.


Luas Kota Pangkalan Brandan tersebut sekitar 7,1 persen dari luas Kabupaten Langkat, sedangkan jumlah penduduknya 12,93 persen dari jumlah penduduk Kabupaten Langkat. Namun muncul juga wacana bahwa Kota Pangkalan Brandan akan menjadi ibukota Kabupaten Teluk Aru, sebagai hasil pemekaran Kabupaten Langkat. Berikut peta Kota Pangkalan Brandan :


View Larger Map

Gambar:
http://erwin-siregar.blogspot.com/

Data:
http://langkatkab.bps.go.id/index.php?hal=tabel&id=24

1 komentar:

  1. wacana itu rencananya kapan akan direalisasikan ?

    BalasHapus