Minggu, 15 Juni 2014

Kota Merauke

Kota Merauke merupakan salah satu dari 20 kecamatan (distrik) yang ada di Kabupaten Merauke, Provinsi Papua, sekaligus menjadi ibukota kabupaten. Pada tahun 2012 penduduk Kota Merauke sebanyak 115.359 jiwa, atau sekitar 46,73 persen dari jumlah penduduk Kabupaten Merauke. Sedangkan luas Kota Merauke ialah 2070,03 km2 atau sekitar 4,59 persen dari luas Kabupaten Merauke.

Kota Merauke memiliki pelabuhan laut yang menghunbungkan Merauke dengan Surabaya, Bitung, dan sebagainya, serta terdapat bandar udara Mopah.

Kota Merauke meliputi delapan kelurahan dan dua desa. Kelurahan dengan penduduk paling banyak berturut-turut Rimba Jaya, Mandala, Kelapa Lima dan Maro. Kelurahan lainnya ialah Semkai, Karang Indah, Bambu Pemali dan Seringgu Jaya. Sedangkan dua desa meliputi Nasem dan Wasur, kedua desa tersebut jauh lebih luas dibandingkan dengan  delapan kelurahan yang ada.

Batas-natas wilayah Kota Merauke ialah sebelah utara dengan Kecamatan Semangga dan Tanah Miring; sebelah barat dengan Kecamatan Sofa; sebelah selatan dengan Kecamatan Naukenjerai; dan sebelah barat dengan laut Arafura.

Peta:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar