Minggu, 15 Juni 2014

Kota Muara Teweh

Kota Muara Teweh merupakan ibukota Kabupaten Barito Utara, Provinsi Kalimantan Tengah. Kota Muara Teweh terdapat di Kecamatan Teweh Tengah. Jumlah penduduk Teweh Tengah tahun 2012 mencapai 71.289 jiwa menempati area seluas 2.954 km2.


Kecamatan Teweh Tengah meliputi empat kelurahan dan 26 desa. Dua kelurahan dengan jumlah penduduk terbanyak  ialah Melayu dan Lanjas. Sekitar 28 persen penduduk Kecamatan Teweh Tengah bermukim di Kelurahan Melayu; dan 18 persen di Kelurahan Lanjas.

Dalam perkembangannya Kecamatan Teweh Tengah dimekarkan dan terbentuk dua kecamatan baru, yaitu Teweh Baru (dua kelurahan dan delapan desa, dengan luas 1.119 km2) dan Teweh Selatan (10 desa, dengan luas 827 km2). Setelah pemekaran Kecamatan Teweh Tengah memiliki  dua kelurahan dan delapan desa, dengan luas wilayah 1.008 km2.

Batas wilayah Kecamatan Teweh Tengah (sebelum pemekaran), sebelah utara dengan Kecamatan Lahei; sebelah timur dengan Kecamatan Teweh Timur; sebelah selatan dengan kecamatan Gunung Timang dan Montalat; dan sebelah barat dengan Kabupaten Kapuas.


Peta ;

Data: 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar