Selasa, 11 Februari 2014

Kota Panyabungan

Panyabungan merupakan ibukota Kabupaten Mandiling Natal (Madina), Provinsi Sumatera Utara. Kota Panyabungan merupakan satu dari 23 kecamatan yang ada di Kabupaten Madina. Selain Kecamatan Panyabungan ada juga Kecamatan Panyabungan Selatan, Panyabungan Barat, Panyabungan Utara dan Panyabungan Timur. Jika Kota Panyabungan ditingkatkanstatusnya menjadi kota otonom, ada kemungkinan beberapa kecamatan tersebut akan digabungkan, sehingga akan membentuk luasan 1.143,47 km2, dengan jumlah penduduk 129.946 jiwa.


Kota Panyabungan sendiri memiliki luas wilayah 259,77 km2 dengan jumlah penduduk tahun 2012 sebanyak 78.584 jiwa, sehingga kepadatan penduduiknya mencapai 303 jiwa per km2, jauh lebih padat dari rata-rata Kabupaten Madina yang hanya 62 jiwa per km2. Batas-batas wilayah Kota Panyabungan, sebelah barat dengan Kecamatan Panyabungan Barat dan Hutabargot; sebelah selatan dengan Kecamatan Panyabungan Selatan, Lembak Sorik Marapi dan Panyabungan Timur; sebelah timur dengan Kecamatan Panyabungan Timur; dan sebelah utara dengan Kecamatan Panyabungan Utara dan Kabupaten Padang Lawas.

Kota Panyabungan meliputi 39 desa/kelurahan, antara lain Darussalam, Manyabar, Huta Siantar, Panyabungan I, dan sebagainya. Berikut peta Kota Panyabungan :


View Larger Map

Gambar:
http://bpbdmadina.files.wordpress.com/2011/05/madina.jpg

Data:
http://mandailingnatalkab.bps.go.id/index.php?hal=tabel&id=22

Tidak ada komentar:

Posting Komentar