Jumat, 07 Februari 2014

Kota Siak Sri Inderapura

Kota Siak Sri Inderapura adalah ibukota Kabupatek Siak, Provinsi Riau, merupakan salah satu dari 14 kecamatan yang ada di Kabupaten Siak (Kecamatan Siak) . Kota Siak Sri Inderapura memiliki luas wilayah 894,17 km2 dengan jumlah penduduk 26.677 jiwa (2012), sehingga kepadatan penduduknya sekitar 30 jiwa per km2.

Sebelumnya Siak Sri Inderapura merupakan sebuah kesultanan yang didirikan pada tahun 1723, wilayah kerajaannya pernah mencapai Sambas, Kalimantan Barat. Sedangkan sebelum menjadi kerajaab berdaulat Siak merupakan bagian dari Kesultanan Johor.


Kota Siak Sri Inderapura meliputi delapan desa/kelurahan, yaitu Buantan Besar, Kampung Dalam, Kampung Rempak, Langkai, Merempan Hulu, Rawang Air Putih, Suah Lanjut dan Tumang.

Kota Siak Sri Inderapura memiliki batas wilayah sebelah barat dengan Kecamatan Sungai Mandau dan Kota Gasib, sebelah selatan dengan Kecamatan Mempura, sebelah utara dengan Kecamatan Sungai Mandau dan Kabupaten Bengkalis, serta sebelah timur dengan Kecamatan Mempura dan Bunga Raya. Berikut peta Kota Siak Sri Inderapura:

View Larger Map

Gambar:
http://www.kpu.go.id/dmdocuments/08_siak_ok.pdf

Data:
http://siakkab.bps.go.id/index.php?hal=tabel&id=5
http://id.wikipedia.org/wiki/Kesultanan_Siak_Sri_Inderapura

Tidak ada komentar:

Posting Komentar