Kamis, 05 Juni 2014

Kota Entikong

Entikong merupakan salah satu dari 15 kecamatan yang ada di Kabupaten Sanggau, Provinsi Kalimantan Barat. Hal yang istimewa dari Entikong  ialah merupakan salah satu kecamatan yang berbatasan langsung dengan wilayah Serawak, Negara Malaysia. Di sini terdapat Pos Pemeriksaan Lintas Batas.


Entikong memiliki luas wilayah 506,89 km2 dengan jumlah penduduk hanya 13.514 (tahun 2009), sehingga kepadatan penduduknya baru mencapai 27 jiwa per km2. Dengan demikian belum berhak menyandang status sebagai kota kecil sekalipun. Memperhatikan kedudukannya sebagai wilayah terluar NKRI maka pembangunan untuk segala bidang di Entikong perlu lebih diperhatikan, sehingga  dapat segera menjadi sebuah kota otonom.

Entikong meliputi lima desa desa/kelurahan, yaitu Entikong, Nekan, Pala Asang, Semangit, dan Suruh Tembawang. Batas wilayah Entikong meliputi sebelah utara dengan Negara Malaysia; sebelah timur dengan Kecamatan Sekayam; sebelah selatan dengan Kecamatan Beduai; dan sebelah barat dengan Kabupaten Landak.


Peta:

Data:

Situs:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar