Senin, 02 Juni 2014

Kota Kuta Selatan

Kuta Selatan merupakan salah satu dari enam kecamatan yang ada di Kabupaten Badung Provinsi Bali. Kuta Selatan merupakan wilayah yang paling selatan di Pulau Bali, memiliki luas wilayah 101,13 km2 dengan jumlah penduduk tanun 2013 sebanyak 134.500 jiwa, sehingga kepadatan penduduk mencapai 1.330 jiwa per km2.

Kuta Selatan meliputi tiga desa dan tiga kelurahan dengan kisaran jumlah penduduk antara 3.000 - 45.000 jiwa, dengan peringkat jumlah penduduk paling banyak berturut-turut Jimbaran, Benoa, Ungasan, Pecatu dan  Tanjung Benoa. Sekitar 34 persen penduduk Kecamatan Kuta Selatan bermukin di Kelurahan Jimbaran.  Pusat pemerintahan Kecamatan Kuta Selatan ada di Jimbaran.

Adapun batas wilayah Kuta Selatan meliputi sebelah utara dengan Kecamatan Kuta dan selebihnya dikelilingi Samudera Indonesia dan Selat Badung/Laut Bali. Kuta Selatan merupakan salah satu destinasi pariwisata yang terpenting di Bali, terutama dengan wisata pantainya seperti Pantai Benoa, Pantai Nusa Dua dan Pantai Jimbaran.

Di Kelurahan Jimbaran terletak salah satu dari tiga kampus Universitas Udayana, dikenal dengan Kampus Bukit Jimbaran. Di seberang Tanjung Benoa terdapat Pelabuhan Benoa yang menjadi pintu masuk menuju Kota Denpasar melalui laut, menghubungkan Kota Denpasar/Benoa dengan Surabaya/Tanjung Perak, Ampenan/Lembar, Larantuka, Bitung, Merauke, dan sebagainya. Namun secara administrasi  Pelabuhan Benoa masuk dalam wilayah Kelurahan Pedungan, Kecamatan Denpasar Selatan, Kota Denpasar.  Sedangkan antara Tanjung Benoa (Kuta Selatan), Bandara Internasional Ngurah Rai (Kuta) dan Denpasar sudah dihubungkan oleh Jalan Tol Mandara yang membentang di atas laut.

Peta :


Data:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar