Rabu, 04 Juni 2014

Kota Pangkajene

Kota Pangkajene merupakan ibukota Kabupaten Sidenreng Rappang (Sidrap), Provinsi Sulawesi Selatan. Kota ini berlokasi di Kecamatan Maritengngae. Pangkajene juga digunakan untuk nama Kabupaten Pangkajene Kepulauan (Pangkep) yang wilayahnya berbatasan dengan Selat Makassar. Adapun Kota Pangkajene (Kecamatan Maritengngae) memiliki luas wilayah 65,90 km2 (sekitar 3,52 persen dari luas Kabupaten Sidrap), dengan jumlah penduduk pada tahun 2012 sebanyak 47.203 jiwa (17,01 persen dari jumlah penduduk Kabupaten Sidrap), sehingga kepadatan penduduknya mencapai 716 jiwa per km2.


Batas wilayah Kota Pangkajene meliputi sebelah utara dengan Kecamatan Baranti dab Ranca Rijang; sebelah barat dengan Kecamatan Watang Pulu; sebelah selatan dengan Kecamatan Tellu Limpoe; sebelah timur dengan kecamatan Watang Sidenreng dan Danau Sidenreng.

Selain meliputi Kelurahan Pangkajene, Kecamatan Maritengngae juga meliputi 11 desa/kelurahan lainnya, yaitu Allakuang, Kanie, Lakessi, Lautang Benteng, Majelling Watang, Majjelling, Rijang Pittu, Takkalasi, Tanete, Wala dan Sereang.

Peta :


Data:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar